59 Bus Transjakarta Ditambah di Jalur Ganjil Genap

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan akan ada penambahan unit bus Transjakarta di 25 ruas jalan yang terkena kebijakan perluasan ganjil genap. Pasalnya, ada peningkatan jumlah penumpang secara signifikan.

Untuk diketahui, penerapan kebijakan ganjil genap kini sudah berjalan selama sebulan sejak pertama diterapkan pada 9 September.

“Sedang kita tambah, dalam waktu dekat ada penambahan dari 59 (unit bus Transjakarta) sedang on progress itu,” kata Syafrin saat dikonfirmasi.

Syafrin menjelaskan selama sebulan kebijakan diterapkan, ada peningkatan jumlah pengguna angkutan umum. Selain itu kecepatan laju kendaraan juga bertambah.

“Jadi selama sebulan kemarin untuk peningkatan jumlah penumpang angkutan umum, 12 persen untuk Transjakarta. Kecepatan kendaraan bertambah dari 25km/jam menjadi 28,5km/jam. Kemudian volume lalu lintas penurunannya 29,58 persen, hampir 30 persen,” jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya juga ada penurunan signifikan terhadap kualitas udara yang buruk, salah satunya di kawasan Kelapa Gading menurun menjadi 22 persen.

Syafrin menilai hasil evaluasi tersebut cukup menunujukan efektivitas kebijakan perluasan gage.

“Berhasil, dari sisi kecepatan meningkat, biasanya peningkatan kecepatan nol koma sekian kan, sekarang dari 25 ke 28, cukup signifikan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *