Lagi-Lagi PSSI Kena hukuman FIFA

Inionline.id – Buntut dari kerusuhan suporter pada saat pertandingan kualifikasi piala dunia 2022 antara timnas Indonesia melawan timnas Malaysia di stadion Gelora Bung Karno, 5 September 2019.
PSSi mendapat denda yang cukup banyak dari Federasi sepak bola dunia yaitu FIFA sebesar 45 ribu Franc Swiss (sekitar Rp643 juta).

Sebelumnya Pada April 2018 PSSI mendapat hukuman denda dari FIFA sebesar 30 ribu Franc Swiss atau lebih dari Rp400 juta karena gagal mengurangi poin dari enam klub yang dinyatakan bersalah oleh FIFA. Total dalam 15 bulan terakhir PSSI didenda FIFA sebesar 75 ribu Franc Swiss atau setara dengan Rp1,072 miliar.

Meski demikian, dalam keterangan resminya, FIFA tidak menyebut keenam klub tersebut yang dianggap melanggar pasal 64 Kode Disiplin FIFA itu.

PSSI mengonfirmasi klub-klub itu melanggar pasal 64 Kode Disiplin FIFA karena tidak bisa menyelesaikan tunggakan gaji terhadap beberapa pemain asingnya.

Klub-klub yang mendapat pengurangan poin dari PSSI di antaranya: Persegres Gresik dan Madura United dengan pengurangan dua poin di Liga 1 2017. Sedangkan klub-klub dari Liga 2 dan Liga 3 yang hukumannya diberlakukan di musim 2018 tidak disebutkan namanya.

Ratu tisha sebagai sekjen PSSI mengharapkan ini kerusahaan terakhir pada saat timnas Indonesia bertanding kandang maupun tandang. (Del)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *