Puluhan Mahasiswa Asing Belajar Budaya Indonesia di UMM

Pendidikan257 views

Inionline.id – Puluhan mahasiswa asing yang berasal 13 negara di antaranya Jepang, Korea, Mesir, dan Hungaria resmi menjadi mahasiswa lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka telah dikukuhkan saat Opening Ceremony Mahasiswa BIPA UMM yang digelar Ruang Sidang Senat.

Wakil Rektor UMM, Profesor Syamsul Arifin menyebut, kegiatan ini bagian dari UMM yang memiliki visi Internasional. Beberapa indikatornya seperti UMM memiliki beberapa siswa dari luar negeri dan berhubungan baik dengan universitas dunia. Tujuannya, untuk meningkatkanĀ collaborative research dengan profesor-profesor luar negeri.

Syamsul berharap program beasiswa ini bisa mengembangkan visi Internasional UMM. Apalagi Mahasiswa asing ini akan menempuh pendidikan selama satu tahun. “Sepuluh bulan belajar bahasa, dan dua bulan melakukan Village Home Stay. Mereka akan tinggal bersama orang tua asuh,” kata Syamsul.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, setelah satu tahun mahasiswa asing ini belajar bahasa dan budaya Indonesia, mereka umumnya sudah bekerja sebagai penerjemah. Bahkan sudah bekerja di beberapa perusahaan negaranya yang mempunyai hubungan dengan Indonesia. Salah satunya di perusahaan Indonesia yang ada di negaranya.

Kepala BIPA, Arif Budi Wurianto menyampaikan, pihaknya juga tetap menjaga komunikasi dan silaturahmi dengan para alumni BIPA. ā€œHal ini dilakukan karena kita juga akan melakukan kerjasama dengan universitas asal negara alumni-alumni BIPA UMM,” ungkapnya, melalui pesan resmi yang diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *