PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melaksanakan program pengurasan sedimen di IPA Cipaku

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Rahmat salah seorang operator IPA menjelaskan pada kamis (12/09) di Cipaku, Kota Bogor, proses pengurasan sedimen ini bertujuan untuk menjaga kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan.

“Pengurasan ini dilakukan supaya air yang mengalir ke pelanggan tetap terjaga”. Katanya.

Waktu yang dibutuhkan untuk menguras satu unit adalah empat jam, pengurasan dilakukan tiga bulan sekali. Metode pembersihan sedimentasi dilaksanakan secara manual (menggunakan tenaga manusia).

“Kita melibatkan tiga sampai empat orang dalam proses pembersihan sedimen per unitnya. Kita bersihkan tempat penampungan air tersebut agar bersih dari kotoran dan lumut yang sering muncul”. Ujar Rahmat.

Selain itu R. Poppi Rustanti selaku Asissten Manager Humas PDAM tirta Pakuan menambahkan bahwa pengurasan sedimen tersebut merupakan kegiatan yang memang harus dilakukan secara berjangka oleh PDAM.

“Karena kami selalu mengedepankan Kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan untuk pelanggan.
Seperti kita ketahui bahwa kualitas air PDAM sudah sesuai dengan Permenkes 492 tahun 2010. Maka dari itulah kami selalu berusaha untuk tetap menjaga kualitas air baku dan terutama air hasil pengolahan yang akan didistribusikan ke pelanggan,” Ujar Poppi. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *