Manfaat Biji Adas untuk Kesehatan

Kesehatan057 views

Inionline.id – Biji adas merupakan salah satu dari jenis rempah yang mungkin belum terdengar umum selama ini di banyak negara. Namun, di India biji adas atau yang dikenal juga sebagai saunf sering menjadi santapan oleh orang-orang setelah mengonsumsi makanan berat, untuk membersihkan gigi, dan menyegarkan napas.

Namun, lebih dari membersihkan gigi dan menyegarkan napas, biji adas ternyata juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari manfaat anti-bakteri, antioksidan, hingga biji ini kaya dengan mineral mangan yang pentingĀ  untuk aktivasi enzim, metabolisme, perlindungan sel, perkembangan tulang, pengaturan gula darah, dan penyembuhan luka, berikut dilansir Indian Express.

Kesehatan pencernaan

Minyak atsiri yang ada dalam biji adas diketahui dapat memicu sekresi enzim pencernaan yang membantu proses pencernaan. Ini juga membantu mengurangi perut kembung karena pembentukan gas yang berlebihan.

Selain itu, biji adas membantu menetralkan keasaman lambung yang dapat meningkat konsumsi makanan yang tidak tepat, gaya hidup dan serta diet yang tidak teratur. Biji adas menjadi bahan umum sebagai obat anti-asam lambung.

Anemia

Selain mengatasi masalah pencernaan, biji adas juga dapat melawan anemia atau kekuarangan darah. Komponen utama hemoglobin adalah besi, dan di dalam biji ini terdapat sumber yang baik dan asam amino yang disebut histidin untuk membantu dalam pembuatan hemoglobin. Selain itu, histidin menstimulasi produksi hemoglobin dan komponen darah lainnya.

Menurunkan demam

Biji adas dapat membantu menurunkan demam. Konsumsi biji adas dengan merendamnya terlebih dahulu dan saring di pagi hari, kemudian konsumsi.

Mengontrol kolestrol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung, strok dan artherosclerosis. Biji adas adalah pilihan yang baik karena serat yang ada di dalamnya membantu menjaga kadar kolesterol rendah dalam darah.

Menurunkan tekanan darah

Biji adas merupakan sumber potasium yang penting dan dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Ini juga menghasilkan pengurangan tekanan darah. Selain itu, terdapat kalium dalam biji adas yang dapat mengatur keseimbangan air serta keseimbangan asam-basa dalam tubuh.

Selain dimakan mentah, biji adas yang merupakan rempah dapat dikonsumsi sebagai bumbu. Minyak dari biji ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat sejumlah makanan, termasuk untuk menambah rasa dalam kaldu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *