Android 10 Akhirnya Resmi Digulirkan

Iptek057 views

Inionline.id – Android 10 yang sebelumnya memiliki nama Android Q, akhirnya resmi digulirkan.

Dilaporkan The Verge, Pixel dan Essential menjadi smartphone pertama mencicipi Android 10. Artinya, model Pixel pertama hingga lini Pixel 3a, dan seri Essential dapat langsung merasakan OS baru tersebut.

Sementara menurut Google, rekanan manufaktur lain akan mendapatkan Android 10 pada akhir tahun ini. Namun, tidak ada informasi mengenai manufaktur atau model smartphone yang dimaksud.

Mengenai fitur Android 10 membawa sejumlah fitur andalan yang akan diadopsi oleh smartphone yang dikeluarkan pada 2019, fitur tersebut diantaranya :

Dukungan 5G
Android Q juga akan mendukung kemampuan jaringan 5G yang diprediksi akan menjadi tren di masa yang akan datang.

Dukungan layar lipat
Mengingat smartphone layar lipat merupakan produk smartphone yang spesial dan khusus maka dibutuhkan sistem operasi khusus yang mendukung smartphone ini dan Android Q diklaim mampu digunakan secara optimal di foldable phone ini.

Privacy Setting baru
Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengatur keamanan smartphone sekaligus data pribadi di dalamnya. Pengguna bisa membatasi segala aplikasi yang menyedot data, seperti riwayat penelusuran web, lokasi dan sebagainya.

Live Caption
Fitur ini disebut-sebut mampu mendeteksi suara dalam sebuah video lalu diubah menjadi format teks dan ditampilkan seca langsung di layar. Fungsi ini mirip dengan subtitle dalam film. Namun bedanya caption tertesbut dibuat secara live berdasarkan yang diucapkan orang/objek yang ada di video.

Smart Reply
Fitur yang satu ini akan memudahkan penggunanya untuk membalas pesan yang masuk. Fitur ini akan memunculkan prediksi kata apa yang akan diketik sehingga pengguna tinggal memilih prediksi kata tanpa harus mengetik.

Dark Theme
Fitur yang ditunggu-tunggu pengguna Android in iakhirnya muncul di Android Q. Pengguna nantinya hanya perlu klik ikon penghemat baterai untuk mengaktifkan tampilan gelap ini. Selain menghemat baterai, tampilan hitam juga membuat mata pengguna tidak sakit meski menggunaka smartphone dalam waktu lama.

Pembaruan dikirimkan oleh Google secara over-the-air (OTA). Bagi pengguna ponsel Pixel atau Essential bisa memeriksanya di Settings > System > Advanced > System Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *