globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Sungai Cileungsi Tercemar, Aleg DPRD Bogor Gagas Upacara Bendera Di Sungai

Bogor, Inionline.Id -Anggota DPRD terpilih 2019-2024, Achmad Fathoni bersama Relawan Bela Alam (RBA) KODIM 0621/ Kab.Bogor akan menggelar Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74, berlokasi di sungai tercemar Cileungsi, yang mengalir dari wilayah Kabupaten Bogor hingga Kota Bekasi di Jawa Barat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati /Wakil Bupati Bogor (dalam konfirmasi). Kegiatan ini akan dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bogor 2014-2019, Eko Syaiful Rahman.

Fatoni menegaskan bahwa dirinya sangat concern dengan masalah Sungai Cileungsi, Karena ini adalah salah satu masalah di Gunungputri yang hingga saat ini belum juga tuntas. “Sebagai Caleg terpilih utk wilayah Dapil 2 yg salah satunya adalah Gunungputri, isu sungai Cileungsi ini harus saya kawal, dimana Aleg Pak Eko S sudah memulainya dari 2018,” ujar Fatoni.

Fatoni juga menambahkan bahwa Kondisi Sungai Cileungsi saat ini tidak banyak berubah dari 2018. Padahal saat itu, dimana Pak Eko dan kawan-kawan memulai perjuangan penindakan pabrik yg mencemari sungai, beberapa pabrik sudah ditindak.
Tapi ternyata kondisi masih blm berubah bnyak, Perlu tindakan tegas dan cepat dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengatasi ini. “Saya sangat mendukung Bu Bupati Bogor bersama jajarannya untuk memulainya,” pungkas Fatoni.

Panitia juga akan mengundang seluruh elemen masyarakat yang peduli  sungai Cileungsi, anggota DPRD Kabupaten Bogor periode 2014-2019 Dapil 2, Caleg DPRD  Kabupaten Bogor periode 2019-2024 terpilih dari Dapil 2, serta masyarakat sekitar aliran sungai Cileungsi.

Menurut Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Puarman, kegiatan ini sangat didukung KP2C dan sangat strategis. Ini karena bisa menjadi momentum bagi pemerintah kabupaten dan instansi terkait untuk bertindak lebih tegas dan keras terhadap pelaku pencemaran.

Menurut rencana kegiatan ini akan digelar pada 18 Agustus jam 08. “Tergantung kesiapan Bupati/ Wakil Bupati” ujar seorang panitia.

Sungai Cileungsi yang merupakan hulu sungai Bekasi digunakan sebagai bahan baku air PAM Kota Bekasi. Ironisnya, sungai ini kerap tercemar. Ditandai dengan air sungai yang menghitam dan memunculkan bau menyengat, khususnya di musim kemarau. Namun, di musim basah, sungai ini menimbulkan banjir.

Untuk itu, RBA yang merupakan  komunitas binaan Kodim 0621 Kabupaten Bogor, tahun ini memusatkan peringatan HUT RI di sungai Cileungsi. Uniknya, lokasi tiang bendera dari bambu akan berada di badan sungai.  Sementara peserta upacara berada di tepi sungai.

Pelaksana upacara sepenuhnya dilakukan anggota RBA KODIM 0621/ Kab.Bogor. Komunitas ini merupakan  gabungan beberapa elemen masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan kelestarian alam.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari acara susur sungai yang telah dilaksanakan pada akhir bulan lalu. Hasil susur sungai sudah diserahkan ke Bupati Bogor saat  acara boling di Kecamatan Gunungputri.

Menurut Panitia, serangkaian dengan kegiatan tersebut, akan dibacakan ikrar memerdekakan sungai oleh Masyarakat Peduli Sungai.

Kira-kira begini isi ikrar tersebut. “Kami Masyarakat Peduli Sungai berikrar:
1. Memerdekakan sungai dari pencemaran atau polusi.
2. Menjalankan hak hak sungai untuk dijaga, dirawat dan dipelihara.
3. Mengusahakan dengan segenap jiwa dan raga agar Sungai kita Bersih, Asri dan Harum.”

Sebuah spanduk ikrar telah disiapkan  dan  akan diteken oleh seluruh elemen yang hadir. “Kita jaga alam, alam jaga kita.” Itulah kesadaran mereka. (JC)

 

Check Also

Kemenkumham Tunggu Isyarat DPR Lanjutkan Bahas Revisi UU KPK

Inionline.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bersinergi dengan DPR RI dalam pembahasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *