Makanan Ini Tinggi Kandungan Vitamin B12

Kesehatan057 views

Inionline.id – Vitamin B12 dibutuhkan tubuh untuk kesehatan. Namun tubuh tidak dapat memenuhinya sendiri, vitamin ini harus dipenuhi melalui makanan bahkan terkadang lewat suplemen.

Selain menenggak suplemen, ada sejumlah makanan yang kaya vitamin B. Makanan tersebut juga tergolong mudah diperoleh di supermarket.

Salmon

Seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, selain lemak omega-3 yang dikandung salmon, satu porsi salmon memiliki hampir dua kali lipat jumlah kebutuhan vitamin B12 bagi dewasa dalam sehari. Seporsi tuna juga mengandung 2,5 mcg vitamin B12. Tapi hati-hati mengonsumsi tuna karena kandungan merkuri yang tinggi. Rainbow atau trout liar adalah pilihan lain yang baik, dengan 5,4 mcg per tiga ons.

Hati

Juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet, Cordialis Msora-Kasago, MA, RDN mengatakan makanan ini adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Daging sapi memiliki B12 paling banyak dengan 60 mcg per porsi tiga ons, sedangkan hati ayam memiliki sekitar 18 mcg untuk jumlah yang sama.

Tiga ons daging sapi sirloin top memiliki 1,4 mcg, dan jumlah dada ayam panggang yang sama memiliki kandungan 0,3 mcg vitamin B.

Kerang

Makanan laut pada umumnya cukup tinggi, tetapi moluska ini cukup ekonomis. Kerang juga kaya protein, tanpa lemak, namun mengandung zat besi, yang dapat membantu mengatasi anemia, masalah kesehatan yang dapat memperburuk defisiensi B12. Dan karena kerang adalah pengumpan filter, kerang cenderung memiliki lebih sedikit racun seperti merkuri dan polutan lainnya. Kepiting adalah sumber lain yang baik, seperti kerang, dengan lebih dari 7 mcg per porsi tiga ons.

Susu

Susu adalah sumber vitamin B12 yang layak, memberikan 18 persen dari kebutuhan harian B12 dari setiap cangkir. Sumber susu lainnya termasuk yogurt dan keju Swiss, yang semuanya memiliki kandungan vitamim B12 dalam jumlah yang kira-kira sama.

Kaviar

Makanan mewah ini seringkali tidak dimasukkan dalam daftar makanan laut sehat, tetapi seharusnya tidak. Selain menjadi salah satu sumber alami terbaik omega-3, kaviar juga merupakan makanan tinggi vitamin B12.

Satu ons kaviar mengadung hampir dua kali lipat kebutuhan vitamin B12. Sebagai perbandingan, telur ayam standar memiliki kurang dari setengah mikrogram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *