Kampung Nelayan Kamal Muara, Pelangi di Pesisir Utara Jakarta

Inionline.id – Kampung nelayan identik dengan kesan kumuh dan kotor. Namun, tak demikian dengan Kampung Nelayan di Kamal Muara Jakarta Utara.

Kampung yang terletak di RW04 Kelurahan Kamal Muara Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara itu terlihat sangat indah karena telah dicat berwarna-warni dengan ornamen-ornamen desain yang unik. Mulai dari binatang, hingga tokoh kartun yang populer di Indonesia.

Lurah Kanal Muara Helwin Ginting menceritakan sejak awal warga menyambut baik ide untuk ‘mewarnai’ kampung tersebut. Pasalnya, semua warga di daerah tersebut terkenal sangat peduli dengan wilayahnya itu. Ditambah lagi, daerah tersebut sering dilewati wisatawan yang ingin menyeberang ke Kepulauan Seribu.

Sayangnya, meskipun kampung tersebut sudah terlihat sangat indah tetapi bau dari hasil laut tercium sangat menyengat. Bahkan, jauh sebelum memasuki wilayah tersebut aroma khas laut susah mulai tercium.

Wajar saja, karena kampung tersebut berada tepat di belakang pasar pelelangan ikan Kamal Muara. Sehingga, bau menyengat tak dapat terhindarkan dari wilayah tersebut.

Sesuai dengan namanya, mata pencaharian utama di kampung tersebut adalah nelayan. Sementara untuk ibu-ibu di sana kebanyakan berdagang hasil laut yang telah ditangkap oleh para suami mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *