WBP Lapas Gunungsindur Dibekali Wawasan Kebangsaan

Nasional157 views

Inionline.id – Sebanyak 10 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsindur mengikuti kegiatan latihan gabungan Kepramukaan dan wawasan kebangsaan gugus depan Lapas/Rutan se-Bogor Raya di Lapas Kelas IIA Cibinong Kabupaten Bogor. Jum’at (19/07/2019).

Materi wawasan kebangsaan disampaikan langsung oleh Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Inf. Harry Eko Sutrisno bertempat di Aula Sahardjo Lapas Kelas IIA Cibinong.

Dalam kegiatan ini Lapas Gunungsindur mengirimkan 10 orang WBP, atau yang mengikuti kegiatan Wawasan Kebangsaan sekaligus menampilkan keterampilan kepramukaan meliputi navigasi, pionering, P3K, cara mendirikan tenda, PBB, dan sandi/ semaphore.

Kepala Lapas Gunungsindur, Sopiana, mengatakan bahwa wawasan kebangsaan dan kepramukaan merupakan model pembinaan yang menitikberatkan pada pengetahuan, keterampilan, kepemimpinan, budi pekerti, mental spiritual, emosional dan sosial yang dibutuhkan bagi kemajuan bangsa dan negara.” jelasmya.

Menurut Sopiana, sistem pemasyarakatan merupakan perwujudan dari pola pembinaan bagi warga binaan dan anak didik pemasyarakatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepribadian dan kemandirian agar menjadi manusia yang memiliki wawasan kebangsaan dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, “serta memiliki rasa percaya diri, siap menghadapi tantangan kehidupan setelah bebas menjalani pidana.” terangnya.

Sopianan menambahkan, pelatihan gabungan dan wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk membina, mengembangkan potensi, menggali kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh warga binaan dan anak didik pemasyarakatan.

“Potensi warga binaan merupakan aset bangsa yang harus dipupuk, dibina, dikembangkan untuk kemajuan dan kemandirian warga binaan itu sendiri, agar tidak menjadi ancaman maupun beban bagi keluarga dan masyarakat di lingkungan, dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki warga binaan akan sanggup mandiri menyongsong masa depan dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.” ujar Sopiana kalapas Gunungsindur.

Hadir dalam momen tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat, Abdul Aris, Dandim 0621 Kabupaten Bogor dan Kepala UPT Pemasyarakatan se-Bogor Raya, Pembina Kuartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Pembina Kuartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor dan Gugus Depan Gerakan Pramuka di Lapas dan Rutan, se-Bogor Raya. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *