UGM Gelar Ujian Tulis di Lima Kota

Pendidikan057 views

Inionline.id – Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (UGM) 2019 digelar serentak di lima kota besar di Indonesia. Sebanyak 45.356 peserta mengikuti seleksi program Sarjana dan Diploma IV/Sarjana Terapan.

Utul dilaksanakan di Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Utul merupakan seleksi UGM yang memakai kombinasi hasil UTBK dan Utul yang telah diselenggarakan UGM.

Pola ini memberikan kesempatan lulusan SMA/SMK/MA sederajat atau Paket C lulusan 2019, 2018 dan 2017 mengikuti seleksi. Seleksi memberi tiga pilihan prodi sesuai kelompok UTBK yang diikuti.

Ini bagian seleksi mandiri yang dilaksanakan UGM di samping jalur penelusuran bibit unggul. UGM sendiri telah menerima 1.728 calon mahasiswa baru dari SNMPTN dan 3.131 dari SBMPTN.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan, melalui jalur ini UGM akan menerima 30 persen dari total kuota mahasiswa baru untuk program sarjana. Artinya, sekitar 2.060 melalui seleksi mandiri.

Selain itu, UGM akan menerima 250 mahasiswa baru dalam 13 Diploma IV. Artinya, sebanyak 30 persen dari total kuota mahasiswa baru Sekolah Vokasi UGM.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan UTUL UGM menggandeng beberapa kampus dan sekolah sebagai tempat lokasi pelaksanaan ujian,” kata Panut, Ahad (14/7).

Materi tes tahun ini meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri atas matematika dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,

Ada pula Tes Kemampuan Soshum dan/atau Saintek sesuai kelompok ujian yang dipilih. Untuk Soshum, materi yang diujikan terdiri atas sosiologi, sejarah, geografi dan ekonomi.

Sedangkan, untuk Saintek terdiri atas matematika IPA, biologi, fisika dan kimia. Panut mengingatkan, hasil tes akan diumumkan pada 23 Juli 2019 mendatang.

“Seandainya peserta yang mengikuti Utul tadi belum bisa diterima, jika berminat bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi Sekolah Vokasi UGM melalui jalur nilai Utul,” ujar Panut.

Ini merupakan seleksi Program Diploma IV/Sarjana Terapan UGM menggunakan pola pengolahan hasil Ujian Tulis (UTUL) UGM. Tanpa tes tambahan, peserta hanya perlu login laman um.ugm.ac.id/admisi.

Mereka bisa menggunakan akun pendaftaran yang sama yang digunakan saat mendaftar Utul. Kemudian, mereka dapat memilih jalur SV gelombang dua untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring.

Pendaftar dapat memilih dua prodi Program Diploma IV/Sarjana Terapan sesuai kelompok seleksi saat Utul. Tapi, pendaftar yang mengikuti Utul kelompok ujian Saintek hanya dapat memilih program studi Saintek.

Sedangkan, pendaftar Utul kelompok ujian Soshum hanya dapat memilih program studi Soshum. Lalu, pendaftar Utul kelompok ujian campuran dapat memilih program studi Saintek dan/atau Soshum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *