Google Desain Ulang Tampilan News Tab Untuk Cegah Hoaks

Iptek057 views

Inionline.id – Berita palsu merupakan hal serius ditangani Google, pasalnya Google akan mendesain ulang tampilan.

Perubahan yang dilakukan adalah, News tab akan memprioritaskan penerbit (publisher), bukan berita utama (headline).

Upaya ini dilakukan agar bisa mengurangi berita palsu dan hoaks yang marak beredar di internet, serta lebih responsif terhadap kebutuhan penerbit.

Google akan mencoba merancang ulang untuk versi desktop, yang kemudian akan diperkenalkan kepada pengguna beberapa minggu ke depan.

Seperti dilaporkan BGR, tampilan pada News tab setelah didesain ulang mempunyai tampilan berbeda. Perbedaan terletak pada penerbit berita yang ditampilkan paling atas ketimbang berita utama.

Karena biasanya, berita utama pada berita langsung ditampilkan paling atas, tetapi saat dirancang ulang, berita utama berada di bawah setelah tampilan dari penerbit yang populer.

Sementara Pada smartphone, terdapat semacam kotak yang muncul di halaman utama berita Google, untuk menampilkan berita dengan penerbit yang sering dilihat pengguna.

Pada tampilan sekarang, berita utama pada berita berada di posisi paling atas. Sementara dalam desain baru, letak berita utama di bawah tampilan dari penerbit populer.

Selain memprioritaskan nama penerbit, Google juga mengatur artikel yang jelas dan terpercaya. Dibanding desain sekarang, tampilan desain baru sedikit lebih rumit sehingga pengguna membutuhkan waktu adaptasi, termasuk ketika ingin mencari berita terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *