Festival Danau Poso Ajang Promosi Wisata Sulteng

Inionline.id – Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) mendukung sepenuhnya pelaksanaan Festival Danau Poso (FPD) ke-21. FDP dijadwalkan berlangsung di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 26-31 Agustus 2019. Acara ini merupakan ajang promosi pariwisata di Sulteng.

Kepala Balai Besar TNLL, Jusman, mengatakan kegiatan itu sangat penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di Sulteng khususnya ke TNLL. “Sulteng memiliki banyak objek wisata menarik yang berpotensi besar menarik lebih banyak kunjungan wisatawan mancanegara seperti Danau Poso, Taman Laut Kepulauan Togean, dan TNLL,” katanya.

FDP digelar setiap tahun dan telah memberikan kontribusi besar dalam kunjungan wisatawan dan perolehan devisa negara. Karena itu, kata Jusman, FDP harus didukung oleh semua pihak. Termasuk masyarakat yang ada di sekitar lokasi wisata karena akan banyak memberikan manfaat ekonomi.

Masyarakat bisa menyediakan dan menjual berbagai produk baik makanan atau minuman serta hasil kerajinan khas daerah. Jusman menambahkan objek wisata Danau Poso berada di sekitar TNLL yang ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer dunia pada 1977.

Balai Besar TNLL juga akan membentuk paguyuban untuk mendukung kegiatan mendaki gunung di TNLL. Selama ini, kata dia, pengunjung TNLL tertumpuk pada satu lokasi objek wisata saja yakni Danau Tambing. Padahal ada beberapa objek wisata lainnya yang cukup menarik yakni mendaki gunung.

Di kawasan TNLLĀ  ada dua objek wisata mendaki gunung. Keduanya adalah Gunung Lorekamtimbu di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso dan Gunung Nokilalaki di Desa Tongoa, Kabupaten Sigi.

Wisata mendaki ini belum dikelola dengan baik. Karena itu pihaknya telah menata dengan membentuk paguyuban pendaki gunung yang melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat. Paguyuban ini akan membantu kelancaran, kenyamanan, dan keamanan para pendaki gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *