4 Cara Alami Jaga Kesehatan Kulit

Kesehatan057 views

Inionline.id – Perubahan cuaca dan lingkungan ternyata dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. Sebagi contoh, lingkungan dengan kelembapan tinggi biasanya menjadi penyebab terbesar bagi masalah ruam, gatal, dan infeksi pada kulit.

Masalah-masalah kulit ini ternyata dapat diringankan dengan cara yang alami. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut seperti dilansir Times of India.

1. Lidah Buaya

Kelembapan udara yang tinggi dan sulit dihindari mungkin dapat menyebabkan kulit terasa gatal, berminyak, dan lebih rentan terhadap infeksi. Masalah-masalah kulit ini ternyata dapat diringankan dengan lidah buaya.

“Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, menenangkan kulit, dan secara alami menyembuhkan,” ungkap Dr. Aneesh Manoharan.

Sifat antiinflamasi pada gel lidah buaya yang segar dapat meringankan keluhan gatal dan infeksi. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat mencegah jerawat bermunculan sekaligus memberi rasa segar bila diaplikasikan pada kulit.

2. Neem

Neem merupakan tanaman khas India yang kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Neem diketahui memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

“Neem dapat merawat infeksi seperti jerawat, pigmentasi, ruam kemerahan, dan lainnya,” tambah Dr. Manoj Kutteri.

Di saat yang sama, neem juga dapat mengontrol kelembapan pada kulit. Neem dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti dicampurkan ke dalam air untuk mandi. Minyak neem juga bisa digunakan untuk meringankan keluhan infeksi pada kulit seperti jerawat. Daun neem juga bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk menjaga kesehtan kulit dari dalam.

3. Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu tanaman yang diyakini memiliki manfaat kesehatan. Pada kulit, kunyit dapat memberi efek menenangkan, menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat dan pigmentasi.

“Campur kunyit dengan susu, atau tambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan imun dan memberi pembersihan alami bagi tubuh yang akan terlihat pada kulit juga,” jelas Manoharan.

4. Teh Herbal Ayurvedic

Teh herbal ayurvedic yang direbus bersama dengan teh hijau, jahe, serai, tulsi, dan kamomil dapat memberi efek pembersihan tubuh. Pembersihan ini bermanfaat, khususnya untuk orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan tak seimbang seperti gorengan dan makanan cepat saji.

“Teh ini juga merupakan obat yang abik untuk batuk dan demam selama musim angin muson,” ujar Kutteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *