Usut Kecelakaan Tol Cipali, Korlantas Terjunkan Tim Analisis

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polrimenerjunkan tim traffic accident analysis untuk mendalami penyebab kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas tol Cipali.

“Korlantas sudah menurunkan tim traffic accident analysis, mereka akan menganalisa secara komprehensif dengan pendekatan pembuktian secara ilmiah,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri.

Dedi menuturkan nantinya tim itu bakal menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut dari sudut pandang ilmiah, misalnya dengan menghitung titik tubruk, dan titik rem.

Selain menyelidiki penyebab kecelakaan dari sudut pandang ilmiah, dikatakan Dedi, pihak kepolisian juga akan terus menggali keterangan dari para saksi.

Keterangan saksi itu, lanjutnya, untuk melengkapi proses penyelidikan sehingga bisa diambil kesimpulan soal penyebab kecelakaan beruntun itu.

“Kalau sudah lengkap baru disimpulkan faktor penyebab kecelakaan, yang utama yang menyebabkan fatalitas terhadap sejumlah orang meninggal dunia itu apa,” tutur Dedi.

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan ada dugaan sopir diserang oleh seorang penumpang Bus Safari H 1469 CB yang menyebabkan kecelakaan.

Polisi saat ini masih memeriksa penumpang bernama Amsor itu.

“Kita akan dalami (motifnya) dan juga (akan memeriksa) kejiwaan Amsor,” kata Rudy.

Selain itu, Rudy mengatakan pihaknya sudah memeriksa urine pelaku penyerangan terhadap sopir bus. Dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan negatif, tidak mengkonsumsi barang yang terlarang.

Dalam kecelakaan yang terjadi pada Senin (17/6), kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun adalah Bus Safari Dharmaraya H-1469-CB, Mitsubishi Expander, Toyota Innova B-168-DIL, dan Mitsubishi Truk R-1436-ZA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *