Objek Wisata di TN Gunung Merapi Ditutup Pada Hari H Idul Fitri

Inionline.id – Objek wisata di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) ditutup pada hari H Idul Fitri 1440 H. Supaya, para karyawan taman nasionalnya bisa Lebaran bersama keluarga.

“Sehubungan dengan libur Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019, maka objek wisata dalam kawasan TNGM akan ditutup selama satu hari, (diperkirakan-red) pada tanggal 5 Juni 2019,” kata Kepala Balai TNGM, Pujiati dalam keterangannya.

Objek-objek wisata tersebut yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang Pakem, Panguk dan Plunyon, Kalikuning Cangkringan, Deles, Kemalang Klaten dan Jurang Jero, Srumbung Magelang.

“Objek-objek wisata di TNGM akan buka kembali seperti biasa pada hari berikutnya,” jelas Pujiati.

Kasubbag TU Balai TNGM, Akhmadi menambahkan, penutupan objek wisata TNGM selain bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi karyawan Balai TNGM untuk Lebaran di rumah, juga karena berdasarkan pengalaman sebelumnya pada hari H Lebaran objek-objek wisata di kawasan TNGM sepi dari kunjungan wisatawan.

“Jadi bukan karena faktor lain, atau karena faktor status Gunung Merapi yang Waspada. Pertimbangan utama adalah semua karyawan kita agar bisa merayakan Lebaran bersama keluarga,” ujarnya saat dihubungi wartawan.

Akhmadi melanjutkan, Balai TNGM menambah personel piket jaga selama musim libur Lebaran. Personel akan membantu menyampaikan informasi kepada wisatawan dan memantau kondisi alam terkini di kawasan TNGM.

“Karena wisatawan diprediksi melonjak, kita antisipasi jika terjadi kecelakaan atau bencana. Kita sudah koordinasi dengan instansi terkait,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *