Lebaran Jangan Kalap Makan ! Ingat Jaga Kalori Dan Berat Badan

Inionline.Id – Kalori menu makanan lebaran memang diketahui sangat tinggi, kendati begitu beberapa makanan ini tetap ada di moment lebaran. Ada apa saja? Lebaran rasanya tak lengkap tanpa beberapa hidangan.
Contohnya seperti opor ayam, rendang, empal, kue-kue kering juga minuman-minuman manis seperti bermacam es dan sirup.
Tentunya makanan-makanan tersebut memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Opor Ayam

Opor ayam dan ketupat adalah makanan khas Hari Lebaran. Di sebagian daerah, tanpa opor ayam, seakan-akan Lebaran tidak lengkap rasanya. Makanan yang kaya akan kuah santan ini, dikutip dari Dokter Sehat, ternyata memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, yakni 203 kalori untuk ukuran 100 gramnya.

Rendang

 

Makanan lain yang bisa ditemui di Hari Lebaran adalah makanan khas Minang, yakni rendang. Rendang yang terbuat dari daging sapi ternyata memiliki kandungan 193 kalori untuk setiap 100 gramnya.

Sambal Goreng Hati

Makanan khas lebaran lainnya, yakni sambal goreng hati yang terbuat dari bahan kentang, hati, atau bahkan terkadang dicampur dengan telur puyuh ini memiliki kandungan kalori yang juga cukup tinggi, yakni 163 kalori untuk setiap 100 gramnya.

Semur Daging

 

Semur daging yang nikmat untuk dijadikan lauk juga memiliki kandungan 132 kalori untuk setiap 100 gramnya.

Melihat adanya fakta ini, ada kecenderungan bahwa makanan khas Hari Lebaran ternyata memiliki kandungan kalori tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak, dikhawatirkan kita akan mengkonsumsi kalori terlalu banyak dan pada akhirnya memicu kolesterol tinggi, hipertensi, hingga penyakit diabetes. Ada baiknya kita pandai-pandai menata pola makan dan membatasi asupan lauk-lauk khas Hari Lebaran tersebut demi kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *