6 Tempat Wisata Jalur Selatan di Jawa Tengah, dari Owabong hingga Telaga Menjer

Inionline.id – Mudik alias pulang kampung sangat dinanti menjelang lebaran. Tak hanya berkumpul dengan sanak keluarga, libur lebaran bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan ke tempat wisata.

Jawa Tengah dengan bentang alamnya memiliki banyak wisata alam. Tak hanya itu, taman hiburan, wisata foto, maupun wisata edukatif pun tersebar di mana-mana. Berikut 6 daftar tempat wisata di jalur selatan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Owabong, Purbalingga

Kabupaten Purbalingga yang jarang dilirik ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang perlu Anda coba. Purbalingga memiliki banyak wisata alam seperti curug dan goa yang sangat indah.

Salah satu ikon wisata di sana ialah taman air Owabong. Di dalamnya terdapat wahana kolam renang olympic, waterboom, kolam arus, ember tumpah, arena gokart, teater 4D, rafting, hingga terapi ikan dan kolam air panas.

Untuk periode lebaran 1-30 Juni 2019, harga tiket masuk berkisar Rp40 ribu. Owabong beralamat di Jl. Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

2. Hutan Mangrove Longending, Kebumen

Di Pantai Logending, terdapat hutan mangrove yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Anda tinggal menyeberang dengan kapal seharga Rp 15 ribu per orang untuk mencapai ke sana.

Selain berwisata, Anda bisa mengedukasi si kecil tentang manfaat hutan mangrove. Anda bisa mengitari hutan sambil berfoto ria dengan latar belakang pepohonan dan akar mangrove.

Untuk pergi ke sana, Anda tinggal menyebrang dengan perahu seharga Rp15 ribu. Lokasi wisata alam ini berada di dekat Pantai Logending, Jl. Ayah, Karangbolong, Argopeni, Kebumen.

3. Baturraden Adventure Forest

Bagi Anda yang suka petualangan, Baturraden Aventure Forrest cocok untuk Anda. Tempat wisata ini berada di Desa Karangsalam, Baturraden, Purwokerto.

Bentang alam yang sangat indah dipadu dengan dinginnya udara menjadi daya tarik lokasi wisata ini. Tempat wisata ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga, outbond sekolah, maupun team building.

Terdapat wahana flying fox, paint ball, kemping, dan wisata sungai. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp250 ribu hingga jutaan rupiah untuk paket kemping. Fasilitas yang baik dan suguhan keindahan alam menjadi daya tarik tempat wisata ini.

4. Ranto Canyon

Wisata alam di Brebes memiliki banyak wisata alamyang sangat indah. Salah satunya ialah Ranto Canyon. Lokasinya berada di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes.

Anda dapat menikmati sungai, goa, air terjun, tebing, hingga pemandangan sawah. Anda juga bisa mencoba keseruan rafting di sungai dan kemping di Bukit Panenjoan. Keamanan pun terjamin karena terdapat tour guide dan pos kesehatan. Setiap orang juga dilengkapi dengan pelampung.

5. Curug Lumbung, Purworejo

Curug ini memiliki keunikan tersendiri. Tebing dengan formasi berudak-udak dengan aliran sungai berwarna hijau mengalir di bawahnya. Anda dapat berfoto ria di sekitar bebatuan Curug Lumbung. Lokasinya berada di Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Bener, Kabupaten Purworejo.

6. Telaga Menjer, Wonosobo

Pemandangan alam di telaga ini sangatlah indah. Telaga Menjer dikelilingi oleh hutan. Warna airnya yang hijau dengan luas 70 hektar sangat memanjakan mata. Apalagi air telaga di bawah kaki Gunung Dieng ini sangat tenang.

Anda bisa bersantai, foto-foto, maupun mengelilingi telaga dengan perahu. Anda cukup mengeluarkan Rp 10 ribu untuk berkeliling menikmati telaga selama kurang lebih 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *