Begini Kesiapan Pertamina Amankan Stok LPG dan BBM Selama Bulan Ramadhan 2019 Di Sukabumi

Ekonomi057 views

Inionline.id – Memasuki bulan Ramadhan 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk dapat melayani kebutuhan LPG dan BBM masyarakat di wilayah Sukabumi.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, Pertamina MOR III yang telah memasuki masa Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019, telah menyiapkan sebanyak 266 pangkalan LPG siaga, serta 36 agen LPG PSO (public service obligation) dan 6 agen LPG Non PSO siaga di wilayah Kodya dan Kabupaten Sukabumi sejak memasuki bulan Ramadhan tahun ini.

“Kami memprediksi selama bulan puasa hingga lebaran nanti, konsumsi LPG akan naik seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat. Untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat di bulan suci ini, kami telah menyiapkan pangkalan siaga yang tetap beroperasi agar masyarakat mudah mendapatkan LPG,” ujarnya.

Dewi menambahkan, selain kesiapan agen dan pangkalan siaga, Pertamina MOR III juga menyiagakan 1 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Kantong atau skid tank dengan total kapasitas 45 metrik ton (MT) di wilayah tersebut.

Apabila diperlukan, Dewi menambahkan, pihaknya telah menyiagakan pula pasokan fakultatif, yakni pasokan tambahan yang sewaktu-waktu dilakukan sesuai kebutuhan.

Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir mendapatkan LPG 3 kg sesuai Harga Eceran Tertinggi di Agen dan Pangkalan. Pertamina juga menyediakan LPG non subsidi seperti Bright Gas dan Elpiji 12 kg yang makin meluas jangkauan rantai pemasaran hingga outlet seperti minimarket modern dan di sejumlah SPBU.

“Kami menghimbau masyarakat yang tergolong mampu menggunakan Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 kg, dan Elpiji 12 Kg, sehingga penggunaaan LPG 3 Kg benar-benar tepat sasaran,” jelas Dewi.

Selain itu, Dewi juga menghimbau agar masyarakat selalu cermat dalam memperhatikan keamanan dalam menggunakan produk LPG saat memasak untuk sahur dan berbuka puasa.

“Safety selalu jadi prioritas kami. Maka kami himbau ketika bangun tidur menyiapkan sahur, pastikan tidak ada bau khas LPG. Jika tercium bau gas LPG, jangan langsung menyalakan api. Buka dulu pintu atau jendela agar bau khas LPG tidak terkumpul di ruangan. Pastikan kondisi dapur memiliki ventilasi yang cukup, dan selalu periksa aksesoris LPG seperti regulator dan selang terawat dengan baik serta berstandar SNI,” jelas Dewi.

*Kesiapan BBM*
Sementara itu untuk kebutuhan BBM di Sukabumi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina memastikan kesiapan pasokan sesuai dengan perkiraan kebutuhan masyarakat.

Strategi Pertamina dalam menjaga pasokan BBM tersebut yakni melalui monitoring stok BBM pada sistem di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), memastikan ketersediaan BBM di lembaga penyalur, juga menambah mobil tangki dan jam operasional. Selain itu menyiagakan armada diantaranya SPBU Kantong di titik rawan macet, menyediakan produk bahan bakar khusus (BBK) kemasan dan motor kemasan. Pertamina juga berkoordinasi dengan institusi terkait.

“Pada masa arus mudik dan arus balik, Pertamina akan menempatkan 3 SPBU Kantong di Kabupaten Sukabumi yang merupakan jalur wisata dan jalur mudik” tambah Dewi.

Apabila masyarakat masih membutuhkan informasi untuk mendapatkan produk Pertamina, dapat segera menghubungi Call Center Pertamina di 135.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *