Resep Dan Cara Membuat Tom Yum Soup

Kuliner157 views

Inionline.id – Mengonsumsi makanan berkuah, pedas dan hangat saat cuaca dingin menjadi pilihan tepat. Apalagi hujan yang terus mengguyur seharian membuat udara terasa lebih dingin.

Mengonsumsi makanan berkuah seperti Tom Yum Soup tak hanya memuaskan lidah dan mengenyangkan perut, juga dapat membantu menghangatkan tubuh. Berikut resep membuat Tom Yum Soup seperti dikutip akun Instagram @berbagiresep.

Bahan-bahan:

250 gr jamur merang
150 gr cumi segar
100 gr bakso ikan
250 gr udang, kupas, sisakan buntutnya, kulit dan kepala udang jangan dibuang
2 liter kaldu udang
7 lbr daun jeruk
3 batang serai bagian putihnya, memarkan
10 iris laos
5 bh cabe rawit merah, iris-iris
Perasan air jeruk nipis secukupnya
3 sdm kecap ikan
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Kaldu jamur secukupnya
1/2 cup susu evaporated

Bumbu yang dihaluskan:

1 sdt ebi
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
5 bh cabe merah besar
10 bh cabe rawit merah
Minyak untuk menumis

Cara membuat:

Buat kaldu udang, masukkan kulit dan kepala udang ke dalam panci. Nyalakan kompor, oseng-oseng kulit dan kepala udang sampai wangi dan agak kering. Masukkan 2 liter air. Masak kulit dan kepala udang kurang lebih 10 menit dengan api sedang. Matikan api lalu saring kepala udang dan kulit udangnya. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam kaldu udang.

Masukkan juga daun jeruk, laos, sereh, cabe rawit iris. Masak hingga mendidih. Masukkan udang, cumi, bakso ikan dan jamur. Tambahkan kecap ikan, gula, garam, kaldu jamur. Masukkan perasan jeruk nipis, aduk rata. Masukkan susu evaporated. Koreksi rasa. Masak hingga matang dan mendidih. Angkat. Tom yum soup siap dihidangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *