Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Di Wajah

Kesehatan057 views

Inionline.id – Duh, sudah siap tampil cantik saat hangout bersama teman-teman, tapi wajah terlihat kusam gara-gara bekas jerawat yang menghitam. Ya, bekas jerawat memang bisa sangat mengganggu penampilan.

Tak peduli seberapa modisnya penampilan Anda, kesan memesona jadi hilang saat terlihat bekas jerawat di wajah. Sudah mencoba berbagai cara menghilangkan bekas jerawat, tapi selalu gagal juga.

Yuk, coba simak beberapa rekomendasi cara menghilangkan bekas jerawat hitam berikut ini:

1. Pakai Sunblock

Untuk Anda yang punya bekas jerawat parah dan menghitam, perlu menggunakan sunblock yang akan mengurangi penggelapan kulit.

Setiap keluar rumah, pastikan Anda sudah memakai sunblock secara merata pada wajah dan leher. Sunblock atau tabir surya ini bertujuan melindungi kulit dari radiasi sehingga tak akan memperparah bekas jerawat dan menjadikannya hitam.

Ada banyak jenis tabir surya, tapi pastikan Anda memilih yang SPF-nya cukup tinggi misalnya saja 30 SPF dengan PA +++ yang secara efektif menangkal radiasi dari sinar UVA dan UVB.

Tabir surya ini tidak hanya digunakan sekali saja, ya, namun perlu diulang pemakaiannya setiap 3 jam atau lebih cepat jika Anda banyak berkeringat.

2. Aplikasikan Krim Pencerah

Kalau Anda ingin menghilangkan bekas jerawat pada wajah, cobalah untuk mengaplikasikan krim pencerah kulit yang tinggi kandungan vitamin C.

Mengapa harus yang mengandung vitamin C? Sebab vitamin C ini sangat kaya akan antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga tinggi akan zat asam yang bisa membantu mengurangi noda hitam pada permukaan kulit sekaligus menghilangkan infeksi yang terjadi akibat peradangan jerawat.

Tapi pastikan Anda membeli krim yang aman dan terpercaya ya, jangan yang memiliki kandungan zat berbahaya seperti mercuri.

3. Coba Lakukan Peeling

Peeling atau eksfoliasi merupakan teknik pengelupasan kulit untuk membuang bagian terluar kulit yang seringkali kusam dan penuh noda.

Peeling sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni chemical peeling atau menggunakan bahan yang dinamakan AHA dan BHA untuk mengelupas lapisan kulit.

Kemudian ada juga mechanical peeling yang menggunakan scrub untuk mengangkat lapisan kulit yang kusam.

Keduanya bisa kok, dilakukan sendiri di rumah. Namun akan lebih baik lagi kalau Anda datang ke dokter kecantikan untuk melakukan peeling dengan aman.

4. Mencoba Dermal fillers

Nah, saat datang ke dokter kecantikan Anda tak hanya bisa melakukan peeling tapi juga beberapa tindakan lain seperti dermal filler.

Sering juga dikenal sebagai suntik wajah, dermal filler ini pada dasarnya berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga membuat kulit wajah lebih kenyal serta halus.

Cairan yang disuntikkan ke wajah ini merupakan jenis obat-obatan yang memang aman digunakan.

Dermal filler hanya boleh dilakukan dengan tenaga ahli yang sudah bersertifikasi dan tidak boleh dilakukan sembarangan.

Banyak kasus dermal filler abal-abal yang justru membahayakan keselamatan penggunanya.

5. Menerapkan Laser Resurfacing

Untuk Anda yang mempunyai wajah penuh lubang karena bekas jerawat, laser resurfacing ini layak dicoba.

Tujuan utama dari laser resurfacing adalah untuk membuat kulit lebih rata dan mulus serta menghilangkan lapisan teratas kulit yang penuh dengan bekas jerawat.

Setelah pelaksanaan laser resurfacing ini, kulit memang akan mengelupas dan kembali pulih setelah 10 atau paling lambat 200 hari lamanya.

6. Melakukan Intense Pulse Light Treatment

Ingin perawatan yang aman dan tidak menyakitkan? Anda bisa mencoba intense pulse light treatment ini.

Menggunakan cahaya lampu xenon dengan intensitas tinggi, perawatan ini bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit membandel mulai dari bekas jerawat menghitam, warna kulit tidak merata, adanya kerutan dan garis halus, bekas luka, sampai dengan flek yang mengganggu penampilan.

Perawatan ini sudah mulai banyak di kota-kota besar di Indonesia meski harganya juga masih tergolong mahal dibandingkan dengan jenis perawatan lainnya.

Kalau Anda merasa kurang nyaman melakukan perawatan di klinik kecantikan atau tidak memiliki budget yang mencukupi, bisa kok mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami.

Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah karena langkahnya sangat mudah dan bahan-bahannya ada di sekitar Anda:

7. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit.

Salah satu fungsi lidah buaya yang sudah dipercaya sejak dulu adalah menghilangkan bekas luka dan mempercepat penyembuhan pada kulit yang mengalami peradangan.

Untuk Anda yang sedang berjerawat, lidah buaya juga bisa jadi senjata untuk mendinginkan kulit dan mengurangi rasa nyeri.

Meski bisa membeli produk masker lidah buaya dalam kemasan, namun yang terbaik adalah memetik lidah buaya langsung dan menjadikannya sebagai masker.

8. Perawatan dengan Tea Tree Oil

Ya, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan nama tea tree oil. Saat ini ada banyak sekali produk kecantikan yang memanfaatkan tea tree oil untuk perawatan.

Tak heran sebab di dalam tea tree oil terkandung zat sejenis benzoil peroksida yang sangat efektif dalam mengatasi jerawat dan berbagai permasalahan kulit.

Yang lebih menyenangkan lagi, tea tree oil ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Penggunaan tea tree oil tidak akan menjadikan kulit iritasi atau mengelupas dan sama sekali tidak menimbulkan rasa pedih.

Bahan perawatan dengan tea tree oil bisa dibuat sendiri di rumah, caranya campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan madu dan gosokkan pada kulit lalu diamkan beberapa saat sebelum dibilas.

9. Rutin Memakai Minyak Zaitun

Selama ini minyak zaitun atau olive oil dikenal sangat baik untuk kesehatan dan bersahabat dengan orang yang sedang diet.

Tapi tak hanya itu saja, minyak zaitun ternyata juga baik untuk menghilangkan bekas jerawat dan bisa dipakai hanya dengan dioleskan pada kulit.

Pemakaian minyak zaitun ini juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit terutama untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Namun pemilik kulit berminyak juga tetap bisa menggunakan minyak zaitun namun dengan dosis yang lebih rendah.

10. Mengoleskan Air Jeruk Nipis

Nah, kalau Anda merupakan pemilik kulit berminyak dan berjerawat, perawatan dengan air jeruk nipis patut dicoba. Anda bisa mengoleskan air jeruk nipis ke wajah kemudian didiamkan selama beberapa saat.

Jeruk nipis bisa juga dicampur dengan madu untuk membantu menghilangkan peradangan yang muncul akibat jerawat. Pemakaian jeruk nipis juga membantu mengurangi produksi minyak pada wajah.

Kalau Anda sudah tahu cara menghilangkan bekas jerawat baik secara medis maupun alami, kini tinggal mencobanya untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *