Siswa SMK Taruna Sakti Ciptakan Helikopter Berbahan Bakar Bensin

Iptek, Pendidikan757 views

Inionline.Id – Sepuluh siswa SMK Taruna Sakti dan beberapa guru pembimbing mampu berkreasi dan menciptakan produk inovatif.

Tak tanggung-tanggung, produk yang mereka ciptakan yaitu sebuah helikopter bermesin mobil serta menggunakan bahan bakar bensin atau solar.

Helikopter didesain dengan hanya bisa ditempati oleh satu awak penumpang dan saat ini dalam proses pengembangan, meski proses pembuatan kerangka pesawat sudah selesai. Diperkirakan sekitar empat bulan ke depan helikopter tersebut sudah bisa terbang.

“Mesin yang kita pakai untuk helikopter ini merupakan mesin mobil. Bila PT DI, bisa mengembangkan helikopter jenis Cesna, pelajar kita membuat helikopter berbahan bakar bensin” kata Kepala Sekolah SMK Taruna Sakti Kabupaten Purwakarta, Yayang Gilang Sanjaya.

Meski masih dalam proses pengembangan, Yayan akan terus mengawal hingga nantinya helikopter siap untuk diterbangkan.

Ia berharap hasil karya anak bangsa ini dapat dihargai termasuk bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), juga di inovasikan oleh Kementerian Perindustrian serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembuatan pesawat helikopter di SMK Taruna Sakti ini membutuhkan anggaran sekitar Rp100-200 juta, dengan estimasi awal pendanaan sekitar Rp 50-60 juta dan bersumber dari biaya sekolah serta sumbangan-sumbangan dari donatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *