Sekolah Global Sevilla Rengkuh Ratusan Medali di Ajang WSC

Pendidikan357 views

Inionline.Id – Sejumlah sia-siswi sekolah Global Sevilla meraih prestasi yang membanggakan di ajang World Scholar’s Cup (WSC) yang berlangsung di Universitas Yale, Amerika Serikat.

Mereka meraih torehan 112 medali emas dan 88 medali perak dari kompetisi yang diikuti sekitar tiga ribu siswa dari 50 negara tersebut.

Kepala Sekolah Global Sevilla Pulomas, Purborini Sulistiyo menyebutkan, ada beberapa kategori lomba yang diikuti oleh para siswanya dalam kompetisi tersebut. Antara lain lomba debat tentang isu global, tes pengetahuan umum, hingga penulisan esay.

“Keikutsertaan para siswa dalam berbagai macam kompetisi sejatinya bukan hanya semata untuk menguji kemampuan akademis siswa. Melainkan, ada nilai-nilai karakter yang akan terbangun, seperti rasa percaya diri serta saling menghormati antar sesama,” ujar Purborini di Jakarta.

Menurutnya, melalui kompetisi tingkat internasional itu, secara tidak langsung juga mengajarkan kepada siswa untuk melihat dan menghargai perbedaan yang ada dari para peserta lainnya dari berbagai negara.

“Kita mempersiapkan mereka agar mereka nantinya tidak kaget untuk hidup di dunia global. Karena disana mereka juga berbaur dengan siswa dari berbagai negara,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Sekolah Global Sevilla, Michael Thia mengatakan bahwa pola pendidikan yang harus diterapkan adalah menjadikan pendidikan itu sendiri bermakna bagi para siswa. Oleh karena itu, proses belajar mengajar harus dibuat menyenangkan.

“Dari sisi akademis harus bermakna, bukan hanya seperti robot. Belajar itu harus menyenangkan,” katanya.

Oleh karena itu, penguatan kualitas guru juga harus terus dilakukan. Dengan demikian, metode pembelajaran yang terjadi di sekolah nantinya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keberterimaan para siswa.

“Pelatihan guru harus terus ditingkatkan, harus memiliki banyak metode pembelajaran. Karena cara belajar anak sekarang sudah berbeda, anak-anak sudah lebih pintar, dan guru harus menyesuaikan” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *