27 Mahasiswa UMM Akan Jalani KKN Internasional di 7 Negara

Pendidikan157 views

Inionline.Id – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirim 27 mahasiswa untuk mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) internasional ke tujuh negara lewat AIESEC (Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce) in UMM.

AIESEC (Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce) merupakan organisasi internasional dibidang pemberdayaan pemuda yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan dan nilai-nilai perdamaian melalui program exchange atau pengiriman pemuda ke luar negeri.

Ketua Divisi KKN UMM, Alik Ansyori Alamsyah di Malang, Jawa Timur, Selasa mengemukakan KKN pada periode 2018/2019 ini dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok KKN internasional, KKN tematik, dan KKN reguler.

“Untuk KKN Internasional ini diikuti 27 orang mahasiswa dari berbagai program studi,” kata Alik.

Ke-27 mahasiswa yang mengikuti program KKN interansional itu bakal disebar di tujuh negara, yakni Thailand 12 mahasiswa, Malaysia 7 mahasiswa, Nepal satu mahasiswa, Kamboja 1 mahasiswa, Srilanka 4 mahasiswa, Polandia satu mahasiswa, dan Ukraina 1 mahasiswa.

Alik menambahkan, program KKN Internasional ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan iklim belajar dan pengalaman internasional yang semakin luas, dan berbagai kerja sama internasional yang dijalin UMM, dapat memperbesar peluang mereka (mahasiswa) mendapatkan pengalaman berharga.

“Selama enam pekan di Thailand, saya akan mengerjakan proyek sosial mengajar Basic English untuk siswa sekolah dasar hingga sekolah lanjutan di pedalaman Thailand,” ujar Febryani, Mahasiswi program studi Sosiologi yang akan melakukan proyek sosial di Thailand.

Rektor UMM, Fauzan, mengingatkan  mahasiswa  untuk memposisikan sebagai  representasi dari UMM sehingga harus memberikan kesan baik pada masarakat di tempat KKN di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *