Pantau Surabaya Bus, Dishub Surabaya Kembangkan GoBis

Iptek657 views

Inionline.Id – Untuk memudahkan perjalanan warga Surabaya serta mendeteksi dan memantau posisi terakhir Suroboyo Bus dan bus tingkat saat beroperasi. Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya akan mangembangkan aplikasi GoBis (Golek Bis). Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di smartphone.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad, di Surabaya, Rabu, mengatakan aplikasi ini rencananya akan digabungkan dengan aplikasi GoParkir dan beberapa aplikasi lainnya.

“Untuk menunjang smart city, kami memang berencana untuk menggabungkan dan saat ini terus kami kembangkan,” jelasnya.

Menurut dia, dalam aplikasi itu berisi informasi tentang rute Suroboyo Bus dilengkapi peta digital real time dengan perkiraan tiba bus di halte, serta beberapa informasi lainnya. Selain itu, lanjut dia, di aplikasi GoBis itu juga termuat informasi tentang ‘e-ticketing’ bus AKDP maupun AKAP, juga informasi tentang angkutan umum mikrolet.

Pemerintah Kota Surabaya sendiri saat ini telah menambah 10 unit armada Suroboyo Bus untuk melengkapi angkutan umum di Kota Pahlawan tersebut. Kini, Pemkot Surabaya sudah memiliki 20 bus angkutan umum, 18 di antaranya Suroboyo Bus dan dua unit lagi adalah double decker atau bus bertingkat.

Irvan menambahkan, penambahan 10 unit baru armada Suroboyo Bus ini bukan hanya persoalan transportasi semata. Namun, lebih dari itu untuk lingkungan, karena nanti diharapkan masyarakat yang biasanya memakai mobil pribadi, bisa beralih ke angkutan umum ini.

“Ketika angkutan umum ini bisa menjadi alternatif, maka jalan tidak akan macet. Nah, ketika jalan tidak macet, maka perekonomian pun akan lancar, efisiensi kota jadi lebih baik,” ujarnya.

Selain menambah armada Suroboyo Bus, lanjut dia, pihaknya juga akan menambah delapan halte bus pada tahun 2019 mendatang. Delapan halte itu rencananya akan dibangun di depan UIN, Royal, depan Joyoboyo, Mayjen Sungkono depan KPU, Mayjen Sungkono sebelah SPBU, HR Muhammad sekitar Masjid At-taqwa, Dharmawangsa sekitar rumah sakit Dr Soetomo, Kertajaya Indah sebelah bundaran ITS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *