Mendikbud: Modul Pendidikan Tentang Kebencanaan Selesai Disusun

Pendidikan157 views

Inionline.Id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyebutkan, sudah ada modul pendidikan kebencanaan yang selesai disusun. Modul itu diharapkan bisa diterapkan ke pendidikan dasar dan menengah dalam waktu dekat. “Ada paket modul pendidikan kebencanaan yang sudah selesai disusun” ujarnya.

Modul tersebut nantinya tidak akan dimasukkan ke dalam mata pelajaran tertentu. Tapi ada di dalam program penguatan pendidikan karakter. Modul tersebut merupakan hasil dari kerjasama yamg dilakukan oleh n Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Tidak akan disubkan ke pelajaran tertentu, karena malah kacau. Masuk dalam pendidikan karakter, seperti modul lainnya yang juga sudah kami susun,” kata Muhadjir.

Selain untuk pendidikan kebencanaan, modul yang juga sudah selesai disusun adalah untuk pendidikan antikorupsi yang disusun bersama Komisi Pemberantasan Korupsi. Ada pula modul radikalisme yang melibatkan Badan Penanggulangan Pencegahan Terorisme.

“Sekarang Dirjen Dikdasmen tinggal merancang apa tema atau judul yang tepat untuk modul itu. Kalau di luar negeri namanya liberal art, kalau di ya menyesuaikan,” ucap Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memandang perlunya memasukkan pendidikan kebencanaan dalam kurikulum pendidikan. Pernyataan itu diunggah dalam akun instagram miliknya. Beberapa saat setelah bencana tsunami di Selat Sunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *