Ingin Dorong Perekonomian Desa, Menteri Rini Resmikan BUMN Shop

Ekonomi057 views

Inionline.Id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan BUMN Shop pertama di Desa Sukajaya, Kabupaten Sukabumi. Kehadiran BUMN Shop ini diharapkan mampu mendorong perekonomian di desa.

Kementerian BUMN menyebutkan, program ini bekerja sama dengan 7 perusahaan negara yang operasionalnya bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ketujuh BUMN itu yakni Bank BNI, Pertamina, Pupuk Indonesia, PPI, Kimia Farma, Bulog, dan Telkom.

“Di Jawa Barat rencananya akan ada 500 BUMN Shop yang hadir di setiap desa dan ditargetkan bisa tercapai pada Maret 2019″ kata Rini. Namun untuk tahap awal pada Desember 2018 ini ada 15 BUMN Shop yang ada di Kabupaten Sukabumi. Kementerian BUMN mentargetkan sebanyak 176 outlet BUMN Shop di Sukabumi sampai dengan Januari 2019.

BUMN Shop adalah layanan one-stop service di desa dengan layanan antara lain layanan perbankan, sembako, dan produk UMKM, obat-obatan, kebutuhan pulsa dan internet, penyediaan produk BBM dan LPG, hingga kebutuhan Pupuk.

“Pembentukan BUMN Shop ini merupakan komitmen kami dalam mendorong BUMN untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. BUMN berkolaborasi dengan BUMDes dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat” ujar Rini.

Manfaat yang akan diperoleh BUMDes dengan menjadi BUMN Shop adalah Pertama, BUMN Shop ini dimiliki oleh BUMDes (bukan milik perorangan tetapi milik masyarakat desa), sehingga manfaatnya atau keuntungannya bisa dinikmati oleh masyarakat.

Kedua, selama ini masing-masing BUMDes mempunyai ciri khas produk tertentu, dengan adanya dukungan dari BUMN ini maka bisa terjadi perluasan jaringan penjualan produk BUMDes di seluruh jaringan BUMN Shop yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketiga, dengan adanya BUMN Shop , maka terdapat adanya jaminan supply atau pasokan barang dan kepastian harga jual dari BUMN yang menjadi produsen dari komoditas tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya Deden Gunaefi menambahkan layanan BUMN masuk desa ini sangat membantu warganya.

“Saya yakin setelah bekerja sama dengan BUMN Shop, perekonomian warga akan lebih bergairah ada obat- obatan dari Kimia Farma, bensin harga sama dengan SPBU. Masyarakat saya yakin terbantu ditambah dulu enggak ada pupuk sekarang di- support BUMN Shop jadi ada, beras murah daging juga tersedia tanpa harus jauh-jauh ke kota ini tentu lebih ekonomis. Intinya harga-harga juga di bawah pasaran” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *