Bahan Makanan Ini Mampu Membuat Nyamuk Menjauh Dari Tubuh Kita

Kesehatan857 views

Inionline.Id – Musim hujan dan suasana yang sejuk  membuat nyamuk merajalela di lingkungan sekitar kita. Selain membuat gatal, gigitan nyamuk juga kerap menyebarkan penyakit seperti demam berdarah, malaria ataupun kaki gajah.

Ada banyak gadget dan aplikasi “pembasmi nyamuk ” yang dipasarkan sebagai alternatif bagi formulasi topikal (krim gosok). Dari gelang sampai aplikasi telepon pintar, cakupan produknya mencerminkan permintaan publik bagi produk-produk tersebut. Sayangnya, tak banyak dari produk-produk itu yang memberikan perlindungan efektif.

Ada juga sebagian yang masih enggan menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot karena takut akan kandungan kimia didalamnya.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada bahan makanan yang mampu membuat kita dijauhkan oleh nyamuk. Berikut bahan makanan yang dapat menjauhkan nyamuk dari kita:

Bawang Putih

Penelitian menunjukkan, aroma bawang putih mampu mengusir nyamuk. Bahkan, bawang putih diakui sangat efektif sehingga digunakan sebagai bahan anti nyamuk.

Bau khas bawang putih sebagian karena senyawa kimianya yang unik yang disebut allicin

Saat berada di tempat yang banyak nyamuk, sebaiknya konsumsilah satu atau dua siung bawang putih. Saat tubuh berkeringat, bau bawang akan menyebar dan mengusir banyak serangga, termasuk nyamuk.

Minyak Zaitun

Air tentu menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Agar nyamuk tak bertelur di bak penampungan air, teteskan beberapa sendok makan minyak zaitun.

Minyak yang mengapung di permukaan air bisa membuat nyamuk mengurungkan niatnya untuk bertelur di situ. Namun, tetap ganti air dua kali seminggu untuk memastikan tak ada larva yang sempat berkembang.

Cuka Sari Apel

Bau cuka sari apel yang kuat dikenal untuk mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya. Oleskan sedikit cuka sari apel ke kulit. Namun perhatikan jika ada reaksi alergi di kulit. Atau juga bisa dikonsumsi setidaknya satu sendok makan (18 mililiter) cuka sari apel untuk mengusir nyamuk secara alami

Jeruk Bali

Nootkatone adalah senyawa kimia yang memberikan aroma yang familiar pada jeruk bali. Nootkatone juga terbukti sebagai pengusir nyamuk yang efektif, serta kutu, kutu kasur, kutu rambut dan berbagai serangga lainnya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi untuk mengembangkan penolak serangga komersial berdasarkan nootkatone.

Ini akan memberikan produk yang aman dan alami untuk membantu memerangi serangga yang menyebarkan penyakit seperti nyamuk dan kutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *