Pemuda Pemudi Rumpin Unjuk Kebolehan Pentas Teater

Rumpin, iniinline.id – Kegiatan Bimbingan Seni dan Budaya Kabupaten Bogor 2018 yang diselenggarakan Disbudpar Kabupaten Bogor di Kecamatan Rumpin berhasil mendorong pemuda pemudi Rumpin untuk dapat mementaskan pentas teater secara mandiri. Pentas teater berjudul Bertaubat ini mengisahkan tentang perjalanan dua anak manusia yang ingin bertaubat. Satu orang bertaubat dengan tulus sepenuh jiwa raga, satu orang lainnya hanya baru sebatas ingin bertaubat. Akhirnya semua upaya untuk ia bertaubat selalu gagal bahkan malah membawanya semakin banyak berbuat kesalahan. Cerita ini dipentaskan dengan sangat baik oleh 30 orang pemuda pemudi Rumpin.
Bermain sebagai pemeran utama adalah Abdulkodir, Selamet Rahayu, dan Muhamad Hafi. Ketiganya adalah pemuda asli Rumpin. Akting para pemain sudah sangat baik dan berhasil memukau penonton. Lebih dari 50 orang peserta workshop Bimbingan Seni dan Budaya Kabupaten Bogor 2018 terpukau dengan penampilan pemain. Menurut Kasi Kesenian Disbudpar Kabupaten Bogor, Hj. Heni Widyawati, S.Sos pentas teater ini menunjukkan kegiatan pendampingan pengembagan bakat dan minat seni budaya di Kecamatan Rumpin telah sukses dilaksanakan. Tujuan kegiatan memang untuk mendorong pengembangan seni budaya yang dilakukan oleh masyarakat Rumpin sendiri.
Selama sebulan penuh pemuda pemudi Rumpin melakukan latihan. Kegiatan yang difasilitasi oleh Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bogor ini memang mengusung konsep pembinaan dan pendampingan. Kegiatan dilakukan dari, oleh dan untuk pemuda pemudi Rumpin sendiri. Kegiatan dilaksanakan dengan menggandeng budayawan lokal Rumpin yang tergabung dalam Teater The Green Kecamatan Rumpin. Komunitas di bawah Pembina Serka Sopur dan pembimbing Seni Peran Pujangga Kelana (Rudi, S. Pd) ini telah berkiprah di Kecamatan Rumpin. Dukungan dari Disbudpar Kabupaten Bogor menurut Rudy sangat bermanfaat dalam mendukung apa yang selama ini telah mereka lakukan. Adanya dukungan untuk latihan rutin dan dialog dengan praktisi teater nasional dapat memberi pengayaan bagi pemuda pemudi Rumpin.
Ke depan, sebagai Pembina komunitas teater di Rumpin Serka Sopur berharap lebih banyak lagi kegiatan seni dan budaya di wilayah yang ada di Kabupaten Bogor dan kegiatan sosialisasi tentang seni dan budaya. Komunitas pemuda pemudi Rumpin merasa terbantu dalam mengembangkan apa yang telah ada saat ini. Harapan ini seiring dengan harapan Muspika Kecamatan Rumpin. Sekcam Rumpin, Indra Kurnia menyambut baik seluruh kegiatan yang mendukung pengembangan pemuda pemudi Rumpin seperti kegiatan yang dilakukan oleh Disbudpar ini. (Ratna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *