Masuki Musim Hujan, Menteri Basuki Instruksikan Seluruh Kepala Balai Siaga Antisipasi Banjir

Inionline.id – Untuk mengantisipasi dan sekaligus merespon risiko terhadap banjir saat musim hujan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan seluruh Kepala Balai /Balai Besar Wilayah Sungai dan Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional untuk senantiasa siaga di wilayah kerjanya. Kesiagaan personil dan peralatan diperlukan agar penanganan darurat ketika terjadi bencana dapat direspon dengan cepat.

“Memasuki musim hujan, Kepala Balai agar tidak meninggalkan wilayah tugasnya tanpa seijin Menteri,” ujar Menteri Basuki. Kementerian PUPR telah menyiagakan Posko Siaga di 34 Balai/Balai Besar Wilayah Sungai dan 1 Posko Pusat.

Ilustrasi banjir (Foto/Liputan6.com)

“Seluruh Balai Besar/Balai juga telah melakukan penelusuran (walkthrough) terhadap sungai-sungai utama sepanjang 54,217 km dimana dari hasil penelusuran diketahui sepanjang 42,11 Km dalam kondisi kritis yang kemudian telah ditangani dengan pekerjaan rehabilitasi dan pemeliharaan sepanjang 30 km,” jelas Dirjen Sumber Daya Air Hari Suprayogi.

Bencana banjir juga kerap mengakibatkan jalan cepat berlubang, tanah longsor hingga jalan atau jembatan putus akibat debit air yang deras. Oleh karenanya pada Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional untuk menyiagakan personil dan alat berat di lapangan, seperti excavator, buldozer dan material.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *