Lee Jong Suk Dideportasi, Agensinya Siap Tempuh Jalur Hukum

Inionline.id – Aktor terkenal asal Korea Selatan, Lee Jong Suk dan sejumlah stafnya, dideportasi dari Indonesia pada Senin (5/11) usai menggelar fanmeeting di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (3/11). Lee Jong Suk  dianggap telah menyalahi peraturan karena menggunakan visa on arrival untuk melakukan pertunjukan di Indonesia.

Dikutip dari CNN Indonesia, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Teodorus Simarmata mengatakan, “Yang bersangkutan masuk ke Indonesia dengan visa on arrival, tapi melakukan kegiatan showbiznis, pertunjukan dan lain-lain,”.

Ilustrasi deportasi (Foto/Jambiupdate.co)

Ia mengungkapkan bahwa Lee Jong Suk tidak menggunakan paspor sesuai dengan fungsinya. Atas kejadian ini, Lee Jong Suk beserta staffnya sempat tertahan di Bandara Soekarno Hatta. Dalam unggahan instagramnya yang kini telah dihapus, Lee sempat menumpahkan keluh kesahnya.

”Saya dapat menyelesaikan fan meeting dengan perasaan penuh syukur. Namun saya bersama para staff terjebak di Jakarta. Saya telah ditahan sejak kemarin….

Pihak promotor di Jakarta, yes24, melaporkan keuntungan pajak dari fan meeting lebih rendah dari aslinya pada pihak pajak. Meski saya dan staff tak ada sangkut pautnya, namun mereka mengambil paspor kami dan belum mengembalikannya. Saya berharap yes24 dan agensi mereka The Cre8tive Lab dan Yumetomo bisa segera menyelesaikan hal ini.” ungkapnya.

Pihak agensi aktor  Lee Jong Suk, A-Man Project, berencana membawa pihak agensi The Cre8tive Lab dan Yumetomo, dan pihak promotor lokal, Yes24, ke meja hijau. Pengambilan aksi hukum ini disebabkan oleh ketidakjujuran dan kurangnya profesionalitas kedua pihak tersebut dalam menangani acara jumpa penggemar Lee sehingga membuat sang aktor tertahan di Bandara Soekarno Hatta selama lebih dari 24 jam.

“Kami berencana untuk menanggapi dengan tindakan hukum terhadap agensi dan promotor lokal yang menyebabkan insiden ini melalui firma hukum Yulchon (pengacara: Ahn Jung Hye) dan semua tindakan balasan selanjutnya akan dilakukan melalui firma hukum,” tulis pihak agensi, dilansir dari Soompi.

Atas kendala ini, pihak agensi menyebut aktivitas Jong Suk di Korea Selatan terpaksa tertunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *