Kota Bandung Berupaya Menciptakan Kota Ramah Lansia

Cibinong, inionline.id – Kota Bandung terus berusaha meningkatkan kesejahteraan Lansia. Setelah menghadirkan fasilitas seperti Taman Lansia, kini Pemerintah Kota Bandung berencana menghadirkan Kawasan Ramah Lansia.

Rencana aksi daerah kawasan ramah Lansia di Kota Bandung bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para Lansia. Di antaranya, memiliki kebijakan kelanjutusiaan, keagamaan dan mental spiritual, kesehatan, kesempatan kerja, kemudahan dalam penggunaan fasilitas sarana dan prasarana umum, trsanportasi inklusi sosial, dan partisipasi sosial.

Saat ini, Lansia di Bandung berjumlah sekitar 264.000 jiwa dari total penduduk Kota Bandung sejumlah 2,4 juta jiwa.

“Usia boleh tua tapi semangat harus muda. Semangat yang muda dan tak terbatas yang menginspisari kaum muda dalam pembangunan,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat membuka acara Sosialisasi Rencana Aksi Daerah Kawasan Ramah Lanjut Usia di Kota Bandung 2018, di Hotel Mercure Nexa, Jalan Supratman Kota Bandung, Selasa (16/10/2018).

Menurut Kang Yana, Lansia sebagai sumber daya mausia yang wajib diberdayakan. Hal tersebut penting, karena Lasia masih memiliki semangat untuk beraktivitas.

Sebagai Ketua Komisi Daerah Lansia Kota Bandung, Kang Yana mengajak agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk terus bersinergi memberikan perhatian yang lebih untuk Lansia.

“Mari ciptakan Lansia yang mandiri dan sejahtera dan tentunya infrastruktur pendukung untuk Lansia yang baik,” katanya.

Ia pun terus mendorong agar Lansia Kota Bandung bahagia lahir maupun batin. Menurut Kang Yana, hanya dengan menemani orang tua atau Lansia mengobrol saja, itu sudah cukup.

“Kita temani Lansia. Ketika ngobrol sambil duduk santai. Itu sudah cukup bagi mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Perlindungan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung, Dedi Supandi mengatakan, rencana aksi tersebut dalam rangka mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sejumlah pihak yang tergabung dalam Komisi Daerah Lansia. Tujuannya, memberikan pelayanan agar Lansia di Kota Bandung bisa semakin sehat dan sejahtera.

“Kita terus berupaya mewujudkan Lansia yang sejahtera,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *