by

IS BUDI WIDURI PRIORITASKAN KAUM BURUH

Bogor, Inionline.Id – Sekretaris komisi III DPRD provinsi Jawa Barat, Is Budi Widuri menghadiri HUT Komando Pasukan Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (KOPASKEP) yang digelar pada sabtu (28/10/18) di Bumi Perkemahan Cimandala, kabupaten Bogor. KOPASKEP sendiri baru menginjak tahun ke-2 pada oktober ini, seperti diungkapkan Mujimin selaku Panglima Koordiantor Daerah (Pangkorda) Kopaskep wilayah Jawa Barat bahwa dulunya Kopaskep ini bernama Green Force dan berafiliasi dengan Federasi FFPESKEP. “Untuk Bogor sendiri anggota kopaskep ada 12.000 orang dan baru kali ini kami berkesempatan merayakan HUT kami” ujar Mujimin. Dirinya juga menambahkan bahwa tugas utama Kopaskep ini adalah untuk menjaga keamanan ketika buruh menggelar aksi dari mulai di internal perusahaan, tingkat daerah, provinsi, sampai ketingkat nasional. Jelang pilpres 2019 tahun depan Mujimin berharap agar pemerintah lebih adil kepada kaum buruh dalam arti kepentingan perusahaan serta kepentingan buruh bisa berjalan seimbang. “Kita juga tidak memaksakan agar pemerintah berpihak kepada buruh, itu hal yang mustahil buat kami, yang penting kepentingan perusahaan dan buruh seimbang, jangan hanya mementingkan keuntungan saja tetapi ketika diminta masalah kesejahteraan terkadang terlupakan oleh perusahaan itu sendiri” ujar Mujimin.
Mendengar aspirasi Mujimin tersebut Is Budi Widuri dengan cermat menanggapi apa yang menjadi harapan kaum buruh. Sesuai dengan Undang-undang nomor 21 tahun 2000 bahwa Serikat Buruh (SB) atau Serikat Pekerja (SP) adalah lembaga yang sudah mendapatkan legitimasi dari pemerintah. “Selain itu menurut UUD 1945 pasal 28 juga menjelaskan tentang kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang” ujar Is Budi. Maka dari itu Is Budi menyambut baik keberadaan Kopaskep ini yang tujuan utamanya sudah jelas yaitu pasukan pengamanan ketika buruh melakukan aksi dan kegiatan karena memang hal tersebut tidak melanggar Undang-undang. Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga beranggapan harusnya pemerintah sekarang harus mendorong dan memberikan tempat yang layak untuk para buruh.
Is Budi juga menambahkan bahwa dalam sisi perekonomian dan perusahaan, buruh merupakan elemen yang sangat penting yang tidak terpisahkan dari bagian-bagian roda perekonomian serta jalannya perusahaan. “Maka dari itu antara pemilik perusahaan, pemerintah serta buruh harus bersinergi dengan baik dan seimbang sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan, dan dari hal itulah akan muncul pembangunan ekonomi yang baik untuk Indonesia” ujar Is Budi yang juga Caleg DPR RI nomor urut 3 tersebut. Dengan pernyataan-pernyataan tersebut serta selama Is Budi aktif DI DPRD provinsi Jawa Barat dirinya selalu memprioritaskan dan mendorong perjuangan para buruh di wilayah Jawa Barat.(Jc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.