Disdukcapil Kota Bogor Sukseskan HLUN Kota Bogor 2018

Bogor, Inionline.Id – Puncak Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) kota Bogor yang digelar pada sabtu (13/10/18) dengan tema “Nya’ah Ka Kolot Ngala Berkahna” sukses digelar di Taman Heulang, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Sekitar 800 lansia dari 6 kecamatan di Kota Bogor tampak memeriahkan acara yang sudah semarak sejak pagi hari.
Acara yang dibuka oleh Usmar Hariman selaku Wakil Walikota Bogor tersebut juga melibatkan beberapa dinas untuk mendukung kemeriahan HLUN 2018 termasuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor. Sesuai dengan pernyataan Dodi Ahdiyat selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor satu hari sebelum event ini digelar, sejak pagi hari mobil keliling pelayanan Disdukcapil Kota Bogor telah parkir dipelataran Tamam Heulang lengkap dengan seluruh personel yang siap melakukan perekaman kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL).
Ika Juwarsa Wiguna selaku Kepala Seksi (Kasi) Pernikahan & Perceraian Non Muslim sekaligus Panitia HLUN 2018 mengungkapkan bahwa hari ini fokus kegiatan Disdukcapil Kota Bogor akan dititik beratkan pada perekeman KTP-EL. “Dalam rangka hari lansia ini kami memfasilitasi apabila ada lansia yang belum merekam KTP-EL kami akan bantu semaksimal mungkin” ujar Ika. Dirinya juga menambahkan diluar lansia Disdukcapil Kota Bogor memastikan siap membantu perekaman data kependudukan warga kota Bogor. Selain itu Disdukcapil Kota Bogor juga memastikan telah bekerjasama dengan SMKN 1 Bogor agar siswa-siswinya yang telah memasuki usia 17 tahun wajib merekam datanya pada hari ini. “Jumlah lansia dari masing-masing kecamatan yang kita undang adalah 100 orang, kalau semua datang sudah 600 orang itu adalah target awal kami ya 10% saja dari 600 lansia itu sudah bagus” ujar Ika. Dirinya juga berharap agar masyarakat Kota Bogor yang belum merekam data KTP-EL segera merekam datanya selain itu agar masyarakat Kota Bogor juga mensukseskan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Penduduk (GISA).
Inionline.Id juga mengkonfirmasi kepada pihak SMKN 1 bogor yaitu Dede Suryana selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengenai giat Disdukcapil Kota Bogor yang melibatkan SMKN 1 didalamnya. Dede menuturkan bahwa kegiatan ini bagus sekali dan sangat membantu siswa-siswinya yang telah berusia 17 tahun agar bisa segera dapat KTP-EL. “karena mereka kalau mau mereka mau buat KTP-EL itu susah dan harus antri, tapi alhamdulillah berkat mobil keliling ini sangat membantu sekali para siswa dan siswi kami” ujar Dede. Daftar yang direkap oleh SMKN 1 sebanyak 114 siswa-siswi sekolah tersebut diwajibkan untuk merekam datanya pada hari ini. Selain iti Dede juga berharap kedepan kegiatan perekaman keliling ini terus berjalan. “tapi untuk yang dikecamatan mungkin karena banyak yang merekam jadi antriannya masih suka panjang, karena saya sendiri mengalami ketika ambil KTP-EL anak saya jam 4 shubuh itu harus antri, mudah-mudahan kedepannya ini tidak terjadi lagi” ujar Dede. (Jc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *