Rupiah Melemah Mencapai Rp.15.000 Per Dolar AS

IniOnline.id – Nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS melemah.  Hingga kini rupiah mencapai Rp 15.000. Per Dolar AS, Rabu (05/09/2018).

Melemahnya nilai tukar rupiah ini membuat masyarakat Indonesia cemas, karena bisa saja berdampak pada kenaikan harga-harga.

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menyentuh level terendahnya dalam lima tahun terakhir ke posisi Rp 14.935 per dolar AS pada penutupan perdagangan, Selasa (4/9/2018) kemarin.

Menanggapi hal ini Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa melemahnya nilai tukar pada dolar AS bukan hanya terjadi pada Rupiah saja tetapi terhadap mata uang negara-negara lain juga.

Untuk menguatkan rupiah kembali, menurut Jokowi, pemerintah akan terus meningkatkan koordinasi di sektor fiskal, moneter, industri, dan para pelaku usaha

Presiden Jokowi juga memberi target kepada jajarannya untuk segera memperbaiki transaksi berjalan dengan menggenjot ekspor dan investasi di dalam negeri.

Beberapa upaya memperbaiki defisit transaksi berjalan, kata Jokowi, adalah diterapkannya 20 persen biodiesel atau B20, yang diyakini dapat mengurangi impor minyak cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *