Dinkes Depok Beri Edukasi Deteksi Dini Gangguan Indera pada Anak

IniOnline.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok terus melakukan upaya deteksi dini gangguan indera pada anak. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada 84 guru pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kota Depok.

Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Depok, Rani Martina, mengatakan, pihaknya memberikan edukasi terkait deteksi dini indera mata dan telinga. Pasalnya, kedua indera ini berpengaruh terhadap pendidikan dan produktivitas anak di masa depannya.

“Mata dan telinga punya peran penting dalam meningkatkan produktivitas anak, maka perlu dilakukan berbagai upaya untuk mendeteksi gangguan indera,” tuturnya kepada depok.go.id usai kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Gangguan Indera di aula lantai 1 Gedung Balai Kota Depok, belum lama ini.

Dikatakan Rani, tidak hanya sosialisasi ada juga upaya lain yang dilakukan Dinkes Kota Depok dalam mendeteksi dini gangguan indera pada anak. Yaitu penyuluhan masyarakat serta deteksi dini di jaringan anak sekolah.

“Kami juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan deteksi dini indera di jaringan anak SD dan SMP,” ucapnya.

Terakhir, Rani berharap setelah acara ini guru pembina UKS dapat mensosialisasikan kembali gangguan indera pada anak di lingkungan mereka. Hal tersebut bertujuan untuk menyadarkan masyarakat atas pentingnya deteksi dini gangguan indera terhadap anak.

“Semoga para guru Pembina UKS paham dan dapat mensosialisasikan informasi yang sudah kami berikan demi masa depan anak,” tutupnya.(ery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *