SekJen Kemenhub Mewakili Indonesia Dalam Pertemuan Ke 16 Asean-Japan STOM Leaders Conference

Jepang, IniOnline.id – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono memimpin delegasi Republik Indonesia dalam Pertemuan ke-16 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang dilaksanakan di Ishe Shima, Mie Perfecture, Jepang pada tanggal 26-28 Juni 2018. Dalam pertemuan ini, dibahas perkembangan kerjasama ASEAN-Japan Transport Partnership (AJTP) dalam rencana kerja tahun 2017-2018.

Selain membahas tentang perkembangan kerjasama AJTP, juga dibahas beberapa hal lain seperti inisiatif kerjasama baru yang rencananya akan disahkan pada Pertemuan ke-16 Menteri Transportasi ASEAN – Jepang, November 2018 di Bangkok, Thailand. Indonesia akan mengambil peran dalam penawaran inisiatif baru, antara lain dalam kerjasama New ASEAN-Japan Aviation Security Project, Road Traffic Safety dan Applying Mobile Data for Transport Planning.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Jenderal juga berkesempatan menyampaikan keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam penurunan angka kecelakaan sektor Transportasi Darat dalam masa angkutan lebaran 2018 dan juga menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tengah mengembangkan pola investasi khususnya sektor transportasi dalam kerangka Public Private Partnership (PPP).

Sebagai tambahan, pertemuan ASEAN-Japan STOM Leaders Conference merupakan pertemuan pejabat transportasi setingkat eselon I atau Sekretaris Jenderal Negara-Negara ASEAN dengan Jepang yang secara regular diselenggarakan setiap tahun di Jepang dan dihadiri Negara-Negara Anggota ASEAN, Pemerintah Jepang dan ASEAN Secretariat.

Dalam pertemuan ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan didampingi oleh Kepala Pusat FKKI Agus Saptono, Atase Perhubungan Tokyo Dian Wahdiana, beserta perwakilan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.(kemenhub/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *