Mendagri Solat Berjamaan Bersama Anak Buahnya

IniOnline.id – Sabtu sore, rombongan kecil Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tiba di daerah Banaran, Jawa Tengah. Sabtu itu, rencananya, Mendagri hendak menghadiri acara peresmian patung dr Tjipto Mangoenkoesoemo di Ambarawa. Karena acara baru digelar sekitar pukul 19.00 Wib, Mendagri singgah sebentar di sebuah warung kopi tak jauh dari kota Ambarawa.

Warung Kopi ini, ada di pinggir jalan raya. Menurut pelayan warung, warung kopi ini dulunya hutan. Di sekelilingnya kebun kopi. Kemudian dibangun warung kopi dengan menu andalan kopi Banaran.

Mendagri pun, ditemani ajudan, Kabag Humas Kemendagri, staf protokol dan beberapa wartawan, mengopi sambil ngobrol santai, menunggu tibanya waktu untuk pergi ke Ambarawa. Sampai kemudian adzan Magrib terdengar berkumandang. Hari telah remang. Sebentar lagi malam dijelang. Tiba -tiba Mendagri membuka sepatunya. Dan meminta ajudannya mengambilkan sandal jepit.

Rupanya ia hendak menunaikan solat magrib. Kabag Humas Kemendagri, Pak Acho Maddaremmeng, ajudan dan tiga orang wartawan, ikut mengekor di belakang Mendagri. Mushola warung kopi yang dituju. Mushola itu tak jauh dari warung kopi.

Tiba di mushola sudah ada beberapa orang hendak menunaikan solat magrib. Setelah berwudhu, Menteri Tjahjo masuk ke mushola. Kabag Humas Kemendagri, Pak Acho Maddaremmeng dimintanya jadi Imam solat. Sementara Mendagri berdiri dibelakang jadi makmum anak buahnya. Menteri Tjahjo solat dengan khusyunya.

Usai solat, ia tampak tafakur berdoa. Cukup lama ia berdoa. Selesai berdoa ia keluar dari dalam mushola. Di teras mushola, satpam warung kopi menghadangnya. Dengan sopan, satpam warung kopi memohon untuk foto bareng. Dengan tersenyum, Tjahjo pun melayani permintaan foto bareng. Ada dua orang satpam yang minta foto bareng.

Di luar mushola pun, beberapa pelayan warung kopi yang habis solat magrib minta foto bareng. Rupanya mereka menunggu kesempatan untuk foto bareng. Tadinya, mereka ragu-ragu minta foto bareng. Setelah melihat satpam warung bisa foto bareng, mereka pun menghampiri Mendagri, meminta hal yang sama. Usai sholat, baru kemudian Mendagri bersama rombongan kecilnya berangkat ke Ambarawa. Hari sudah gelap saat mobil bergerak ke Ambarawa. (kemendagri/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *