Penyu Lemah Di Selamatkan Oleh Warga

Benteng-Kep. Selayar, IniOnline.id – Jika musim angin barat berhembus seperti saat ini, Call Center penyelamatan satwa dilindungi biasanya kebanjiran info dari masyarakat, baik itu Penyu ataupun Dugong. Seperti malam ini, seekor Penyu Hijau usia dewasa terdampar di sekitaran Pantai Biring Bone yang diakibatkan cuaca ekstrim.

Penyu yang sudah lemah ini diselamatkan oleh warga sekitar lokasi yang awalnya sudah melepaskan kembali ke laut namun tetap terdampar, akhirnya warga tersebut menyimpannya sementara dalam sebuah box orange kemudian menghubungi salah satu petugas Balai TN. Taka Bonerate dan bergegas ke lokasi bersama dengan devisi Penyelamatan Satwa dari Komunitas Selam Sileya Scuba Divers.

Adapun Penyu tersebut dititipkan sementara di Dive Center hingga cuaca mulai membaik untuk kemudian dilepaskan kembali ke habitat aslinya. Setelah diidentifikasi Penyu berkondisi lemah tersebut diketahui berjenis Penyu Hijau dengan panjang 45 cm dan lebar 44 cm. Dengan makin banyaknya laporan dari warga bisa menjadi salah satu wujud kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan terutama satwa yang dilindungi. (kemenlhk/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *