Sosialisasi Empat Pilar, Anton Ingatkan Bonus Demografi 2020

Jonggol, IniOnline.id – Anton Sukartono Suratto, mengunjungi Desa Cibodas, Kecamatan Jonggol, Selasa 13 Desember 2017. Dalam kunjungan tersebut, selain meninjau pelaksanaan bantuan infrastruktur jalan yang disalurkan melalui Program Infrastuktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) beliau juga mensosialiasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Acara ini diselenggarakan secara rutin dengan membawa satu misi yaitu agar masyarakat tidak hanya sekedar mengetahui dan menghapal. tetapi juga memahami serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Anton Suratto mengaitkan nilai-nilai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut dengan permasalahan di kehidupan sehari-hari agar lebih menarik dan mudah dipahami. 150 peserta yang hadir di Aula Kantor Desa Cibodas pada hari itu mendengarkan pemaparan materi dengan antusias. Anton Suratto juga membuat kuis sederhana dalam acara sosialisasi ini. Peserta-peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Anton Suratto mendapat hadiah dari Anggota MPR RI tersebut.

“Pada tahun 2020 jumlah penduduk usia produktif di Indonesia akan membludak. Fenomena ini disebut ‘bonus demografi’. Ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang maju,” ujarnya.

Bonus demografi akan menjadi peluang bagi Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia yang terdidik dan terlatih. Pemuda Indonesia seharusnya fokus menghasilkan inovasi bagi bangsa, bukan saling membenci akibat perbedaan suku, agama, dan budaya. Anton Suratto mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengamalkan nilai luhur Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala aspek kehidupan.(na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *