Mendagri Dampingi Presiden Buka Rakornas TIPD 2017

JAKARTA – inionline.id

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendampingi Presiden RI Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2017 di Hotel Sahid pada Kamis (27/7) pagi tadi.

Dengan memukul gong tiga kali, Jokowi meresmikan pembukaan Rakornas TPID 2017 yang dihadiri gubernur, bupati, dan wali kota seluruh daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan, kunci mengelola ekonomi baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun di tingkat negara adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Sebab itu, dia menekankan daerah dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi ke tingkat yang rendah.

“Bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bagaimana menekan inflasi serendah-rendahnya,” kata Presiden Jokowi.

Ia juga bersyukur sebab Indonesia mampu mempertahankan inflasi di level rendah. Menurutnya, capaian ini hasil kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Bank Indonesia (BI).

“Alhamdulillah, tadi sudah disampaikan Gubernur BI pada 2015 inflasi kita berada di angka 3,35 persen. Kemudian, di 2016 3,02 persen dan di kuartal satu berada pada angka kisaran 4 persen. Artinya kita sudah mulai masuk ke era inflasi rendah di negara kita. Ini berkat saudara semuanya yang tahu betul apa itu fungsi inflasi,” terang dia. (kemendagri/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *