Pemprov Jabar Akhirnya Resmi Bekerjasama Dengan Australia Selatan

INIONLINE.id, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah 20 tahun melakukan kerjasama di berbagai bidang dengan pemerintah Australia Selatan. Pada hari Senin(3/4/2017) (, perjanjian kerjasama sister province antara keduanya kembali dilakukan.

Kerjasama tersebut ditandai dengan sejumlah agenda. Diantaranya peletakan batu pertama Public Art Work, serta penandatanganan implementating arrangement antara dinas dan lembaga.Rombongan delegasi Australia Selatan yang dipimpin Menteri Perdagangan dan Industri, Martin Hamilton-Smith mendatangi gedung Pemprov jabar. Tujuan mereka yaitu melakukan urusan perdagangan, investasi, dan industri pertahanan Delegasi Australia Selatan.

“Kita bersyukur pada hari ini kita bisa melangsungkan berbagai penandatanganan kerja sama antara para pihak di Jawa Barat, dan Australia Selatan di berbagai bidang,” kata Ahmad Heryawan di Lapangan Gasibu.

Adapun Public Artis Work yang dirancang memiliki konsep “Passage of Sound”, atau Perlintasan Bunyi, sebuah karya seni rupa interaktif, yang akan segera didirikan di salah satu pojok Lapangan Gasibu.

Konsep tersebut diharapkan dapat menjadi instalasi interaktif yang dapat menghibur masyarakat serta menjadi penambah estetika pada ruang terbuka umum.

Karya tersebut merupakan kolaborasi dari seniman kontemporer asal Jawa Barat Arin Dwihartanto Sunaryo dengan Steven Cybulka dari Australia.

Sementara wujud dari bangunan seni ini akan dibentuk layaknya tugu yang membentuk formasi grafik resonansi atau gelombang bunyi.

“Jika dipukul, akan menghasilkan bunyi tangga nada tradisional Sunda: da mi na ti la da, serta bunga tangga nada lainnya,” terangnya.

Sementara penandatanganan Implementating Arrangement dilakukan antara Dinas Perpustakaan Daerah Jawa Barat dengan SA State Library, TAFE SA dengan Islamic Fashion Institute, dan Ironwood dengan IPDN. (an/pojokjabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *