Michael Essien Remi Perkuat Persib Bandung Selama 1 Tahun

Mantan gelandang Chelsea, Michael Essien, resmi memperkuat Persib Bandung setelah menandatangani kontrak selama satu tahun pada Selasa (14/03).

Saat diwawancara, Essien mengaku “hanya tahu sedikit tentang sepak bola Indonesia” mengingat dia pernah datang ke Indonesia sewaktu bermain bersama Chelsea.

Essien juga mengemukakan alasannya mengapa dirinya mau bergabung dengan Persib.

“Saya banyak dikontak klub lain di Turki, Australia, dan lain-lain. Tapi saya memutuskan datang ke Indonesia karena Persib muncul dengan niat baik. Setidaknya saya bisa membantu mempromosikan sepak bola di Indonesia. Musim sepak bola di sini panjang, semoga saya bisa membantu dan semuanya berjalan baik,” kata Essien kepada sejumlah wartawan, termasuk Julia Alazka yang melaporkan untuk BBC Indonesia.

Penandatanganan kontrak Essien dilakukan bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-84 Persib pada 14 Maret 2017.

“Persib sangat hebat bobotohnya. Jadi (perekrutan Essien) ini adalah kado untuk bobotoh,” kata manjer Persib, Umuh Muchtar, seraya merujuk istilah untuk pendukung Persib.

essien
persib, essien

Umuh mengaku pihaknya akan memainkan Essien selama satu tahun. Namun, dia menolak mengungkap berapa jumlah uang yang digelontorkan agar pemain asal Ghana itu membela Persib.

Soal Essien yang tidak bermain untuk klub manapun selama enam bulan terakhir, Umuh mengatakan hal itu tidak akan mempengaruhi kualitas mantan punggawa AC Milan dan Real Madrid tersebut.

essien

“Untuk level sepak bola Indonesia ya, saya yakin kualitas Essien akan unggul, meski saat ini dia tidak bermain untuk klub manapun,” ujarnya.

Essien telah dua kali memenangi gelar Liga Primer selama sembilan tahun memperkuat Chelsea, termasuk di bawah asuhan Jose Mourinho pada 2006.

Adapun Persib merupakan juara kompetisi Indonesia Super League pada 2014. Sebelumnya, tim berjuluk Maung Bandung itu menjadi juara Liga Indonesia I musim 1994-95. (an/bbc indonesia)