TKA Ilegal asal Cina Fakta Tak Terbantahkan

Headline, Nasional057 views

Jakarta – Mantan Ketua DPR Ade Komarudin mengingatkan masalah tenaga kerja asing illegal khususnya dari Tiongkok yang ada di Indonesia harus benar-benar menjadi prioritas pemerintah di 2017.
Dia menegaskan, fakta yang tidak terbantahkan bahwa jumlah TKA illegal asal Tiongkok di Indonesia cukup besar. “Saya memang tidak mampu mengidentifikasi berapa jumlah pastinya di seluruh Indonesia. Tapi waktu kunjungan ke beberapa daerah, salah satunya di Cilegon, Banten, itu ada dua ribuan lebih TKA illegal asal Tiongkok,” kata Ade kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/12).
Pria yang akrab disapa Akom itu memaparkan memang Indonesia punya kerja sama ekonomi, maupun bisnis dengan Tiongkok. Termasuk banyak menggunakan mesin dari Tiongkok. Ade menambahkan, kalau TKA itu punya keterampilan menerjemahkan bahasa Tiongkok di mesin yang mungkin tenaga kerja Indonesia tidak bisa melakukannya boleh-boleh saja.
Namun, lanjut dia, ironi kalau TKA itu merupakan buruh kasar, sementara pengangguran di Indonesia semakin banyak. Harusnya pemerintah mendahulukan tenaga kerja atau pengangguran Indonesia. “Pengangguran kita masih besar. Ironi kalau negara ini menampung tenaga kerja asing illegal itu,” kata politikus Partai Golkar ini.
Bahkan, Ade melanjutkan, berdasarkan informasi yang didapatkannya di Morowali TKA diangkut atau dibawa menggunakan kontainer. Badannya pun tegap-tegap. “Bahkan diduga oleh sebagian orang adalah tentara. Tapi wallahualam bissawab, saya tidak tahu pasti dan ini harus diteliti apakah faktanya benar seperti itu,” katanya.
Ade melanjutkan, intinya persoalan-persoalan semacam ini harus benar-benar diatasi. Pemerintah bersama aparat keamanan berkoordinasi dengan DPR harus bisa menanganinya. “Jika memang ada fakta yang seperti itu harus dikembalikan ke negaranya karena mereka itu illegal,” kata dia.
Ade mengatakan, pemerintah tidak boleh kebakaran jenggot soal TKA illegal asal Tiongkok ini. “Karena faktanya memang ada,” ujar pria yang sudah 20 tahun menjadi anggota DPR itu.

Sumber : http://nasional.indopos.co.id/read/2016/12/25/80171/TKA-Ilegal-asal-Cina-Fakta-Tak-Terbantahkan