Sambut Tahun Baru 2017, Masjid di Kota Bekasi Ini Gelar Khotmil Quran

BEKASI — Ada banyak cara untuk merayakan malam pergantian Tahun Baru 2017. Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, Jawa Barat mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk melewatkan malam pergantian tahun baru dengan dzikir akbar dan khotmil Quran bersama 30 hafidz/hafidzah se-Jabodetabek.
Ketua DKM Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi, Abdul Hadi, mengatakan Masjid Agung Al Barkah akan mengadakan khotmil Quran dan dzikir akbar pada malam pergantian Tahun Baru 2017. Agenda ini dimulai Sabtu (31/12) pukul 19.00 WIB selepas shalat Isya sampai dengan pukul 00.00 WIB.
“Kegiatan yang disebut malam muhasabah atau introspeksi diri ini akan diisi dengan pembacaan Alquran 30 juz sebanyak 3 kali khatam dalam satu malam yang menghadirkan 30 orang hafidz/hafidzah, 20 hafidz dan 10 hafidzah,” tutur Abdul Hadi, kepada Republika, Jumat (30/12).
Abdul Hadi menerangkan, khotmil Quran akan dipandu oleh 30 hafidz/hafidzah se-Jabodetabek, yang terdiri dari 20 hafidz dan 10 hafidzah. Jamaah dibagi menjadi 30 kelompok yang masing-masing dibersamai satu hafidz/hafidzah. Diperkirakan, jamaah akan menyelesaikan tiga kali khatam 30 juz Alquran pada pukul 22.00 WIB.
Acara diakhiri pembacaan doa khotmil quran, dilanjutkan dengan dzikir dan tabligh akbar sampai pergantian tahun baru 2017 pukul 00.00 WIB. Abdul Hadi menambahkan, agenda serupa digelar oleh DKM Masjid Agung Albarkah sebanyak tiga kali dalam setahun, yakni untuk menyambut Tahun Baru Hijriah, Nuzulul Quran, dan Tahun Baru Masehi.
Khataman Alquran jelang malam pergantian Tahun Baru ini sudah ketiga kalinya diselenggarakan oleh DKM Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi.

Acara ini juga digelar bekerja sama dengan PCNU Kota Bekasi. Abdul Hadi menargetkan ada 2000 warga Kota Bekasi yang turut hadir dalam acara ini.
“Insya Allah akan melibatkan banyak jamaah, diutamakan generasi muda, yang identik kalau tahun baru itu biasanya dengan hura-hura atau dugem. Kami ajak untuk mari bergabung, kita introspeksi diri di masjid dimulai bada shalat Isya pukul 19.00 WIB malam,” ujar Ketua DKM Masjid Agung Al Barkah.
Sumber : http://m.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/12/31/oj11b6383-sambut-tahun-baru-2017-masjid-di-kota-bekasi-ini-gelar-khotmil-quran