Pramugari Ini Selamat Usai Terjatuh dari Ketinggian 10.000 Meter Tanpa Parasut

Buku rekor Guiness World Record mencantumkan nama-nama orang dengan kemampuan ataupun hal luar biasa lainnya yang dimiliki.

Nama Vesna Vulovic tertulis di dalamnya. Rekor yang dipegangnya hampir pasti tak akan bisa dipecahkan orang lain.

Vesna tercatat sebagai orang pertama, dan satu-satunya hingga kini, yang selamat setelah jatuh dari ketinggian 10.160 meter tanpa parasut pada 1972.
Pada 26 Januari 1972, Vesna, yang saat itu bekerja sebagai pramugari maskapai penerbangan JAT nomor penerbangan 367, adalah satu-satunya orang yang selamat saat pesawat tersebut meledak di atas Srbska Kamenice, Cekoslowakia.

Saat itu, Vesna yang baru berusia 23 tahun tak seharusnya berada di kabin pesawat milik maskapai Jugoslavenski Aerotransport.
“Jadwalnya tertukar dengan pramugari lain yang juga bernama Vesna, akhirnya dia ditugaskan di pesawat yang salah,” demikian Guinness Book of Records.

Dalam penerbangan naas dari Stockholm menuju Belgrade itulah pesawat McDonnell Douglas SC-9-32 meledak.
Pesawat itu hancur berkeping-keping di udara dan serpihannya jatuh di dekat sebuah desa di Cekoslowakia.

Ustache, kelompok teroris sayap kanan pro-Nazi asal Kroasia, mengaku bertanggung jawab atas ledakan pesawat yang menewaskan 27 dari 28 penumpang pesawat itu.
Vesna, satu-satunya korban selamat, ditemukan di bagian ekor pesawat terjepit sebuah kereta dorong pembawa makanan.

Sumber : http://m.tribunnews.com/internasional/2016/12/25/pramugari-ini-selamat-usai-terjatuh-dari-ketinggian-10000-meter-tanpa-parasut