Banyak beredar Hoax Tentang Suriah, Begini Imbauan PPI Suriah

JAKARTA—Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), Damaskus, Suriah meminta kepada seluruh masayarakat Indonesia untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita yang tidak jelas sumbernya terkait konflik Suriah.
Imbauan ini menyusul maraknya peredaran berita dan meme yang tidak terverifikasi bahkan sebagaiannya hoax di dunia maya. Ketua PPI Suriah, Susilo Priyadi mengatakan kehidupan beragama di Suriah cukup moderat dan toleran.
“Suriah adalah negara sekuler-sosialis, multi etnis (Arab, Kurdi, Armenia, Turkman dan lainnya), multi agama dan sekte (Muslim Sunni, Syi’ah, Kristen Katolik, Ortodox Syria, Protestan, Druze & Atheis),” ujar Susilo Priyadi dalam keterangan rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/12).
Ia menjelaskan, sebelum konflik 2011, Suriah termasuk dalam lima kategori negara-negara dengan tingkiat kriminalitas terendah.
Kebutuhan pokok masyarakat seperti listrik, air dan roti disubsidi oleh pemerintah. Pendidikan dan pelayanan kesehatan rumah sakit negeri juga disubsidi penuh oleh pemerintah.
Suriah juga merupakan negara yang sangat concern terhadap problematika Palestina dan menjadikannya sebagai isu nasional.
Menurutnya, konflik di Suriah bukanlah konflik sektarian. Melainkan konflik yang bekaitan erat dengan berbagai kepentingan politik regional dan global. Tentara Nasional Suriah merupakan tentara yang terdiri dari bebagai suku dan agama.
Sekretaris PPI Suriah Fikyanto menambahkan secara geografis letak provinsi Aleppo sangat strategis dan merupakan kota terbesar kedua setelah ibukota Damaskus yang terkena imbas konflik paling parah, sehingga diperebutkan oleh kelompok-kelompok yang terlibat konflik.
Sekitar 90 persen dari penduduk Suriah adalah orang Arab. Kelompok etnis lain yang paling besar adalah Kurdi (6 persen). Separuh penduduk tingal di perkotaan. Kota-kota utama dan termasuk tertua di dunia adalah Damaskus, Haleb (Aleppo), Homs, Latkia dan Hama.
Sekitar 90 persen Muslim diantaranya mayoritas Sunni. Penganut agama lain Kristen Ortodoks (Yunani, Armenia, Suriah) dan Yahudi. Agama, khususnya Islam adalah suatu kekuatan politik dan sosial di Suriah.

Sumber : http://m.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/16/12/28/oive54320-marak-beredar-hoax-soal-suriah-begini-klarifikasi-dan-imbuan-ppi-suriah